Bali Dalam Kondisi Darurat Sampah, Ini Strategi Pengelolaan Sampah Berbasis Sumber di Desa

- 10 April 2021, 17:22 WIB
Ilustrasi pemilahan sampah di lingkungan terkecil dan membuang sampah pada tempatnya.
Ilustrasi pemilahan sampah di lingkungan terkecil dan membuang sampah pada tempatnya. /pikiran-rakyat.com

INDOBALINEWS - Saat ini Bali dalam keadaan darurat sampah keadaan darurat sampah, sehingga Program Pengelolaan Sampah Berbasis Sumber sudah sangat mendesak untuk diterapkan di wilayah Desa/Kelurahan dan Desa Adat.

Hal itu dikatakan oleh Gubernur Bali saat melaunching Keputusan tentang Pedoman Pengelolaan Sampah Berbasis Sumber di Desa/Kelurahan dan Desa Adat, Jumat 9 April 2021 di Gianyar.

Dikatakan Koster visi ini adalah untuk menjaga lingkungan alam yang bersih, hijau, dan, indah serta berkualitas dengan mengembangkan tatanan kehidupan Krama Bali berdasarkan nilai-nilai filsafat Sad Kerthi yaitu Atma KerthiDanu KerthiWana KerthiSegara KerthiJana Kerthi, dan Jagat Kerthi.

Baca Juga: Rektor UNUD : Anak Muda Harus 'Jengah' Untuk Turut Aktif Melestarikan Warisan Leluhur

Baca Juga: Kehabisan Uang Selama Pandemi, Bule Uzbekistan Jadi PSK di Bali

 

"Jadi lingkungan alam yang bersih ditempuh dengan melaksanakan Program Pengelolaan Sampah Berbasis Sumber yang dituangkan dalam Peraturan Gubernur Bali Nomor 47 Tahun 2019," ujar Gubernur seperti yang dikutip indobalinews.com.

 

Gubernur Koster dalam sambutannya menegaskan Keputusan Gubernur Nomor 381/03-P/HK/2021 dan dikeluarkannya Instruksi Gubernur Nomor 8324 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Sampah Berbasis Sumber di Desa/Kelurahan dan Desa Adat merupakan tindak lanjut dari Peraturan Gubernur Nomor 47 Tahun 2019.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x