Warga Binaan Rutan Bangli Diajari Baca Tulis, Wujudkan Zero Buta Aksara

- 30 Juni 2021, 10:56 WIB
 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang buta aksara di Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Bangli mengikuti mini class  membaca dan menulis pada Rabu 30 Juni 2021.
Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang buta aksara di Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Bangli mengikuti mini class membaca dan menulis pada Rabu 30 Juni 2021. /Dok Humas Rutan Bangli Bali

INDOBALINEWS - Dalam upaya menurunkan presentase Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang mengalami buta aksara, Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Bangli membentuk mini class  membaca dan menulis pada Rabu 30 Juni 2021.

Kepala Rutan Bangli, Febriansyah, Amd.IP.,SH, mengungkapkan dengan langkah kecil namun pasti, perlahan Rutan Bangli mencoba wujudkan zero buta aksara.

 "Tim pelayanan tahanan melakukan pendataan, dan hasilnya paling banyak ditemui warga binan yang terkendala baca tulis karena tidak menuntaskan pendidikan sekolah dasar", ungkapnya.

Baca Juga: Update KMP Yunice Tenggelam: Korban Meninggal Bertambah Jadi 7 Orang, 11 Masih Dicari

Kemudian, Febriansyah juga menuturkan, tim pengajar dibantu oleh petugas yang membidangi pembinaan kemandirian, dan tutor sebaya sesama Warga Binaan. Kegiatan dilaksanakan sekali sampai dua kali seminggu.

 "Banyak fasilitas yang menuntut perlu adanya kemampuan dasar membaca, agar bisa secara maksimal dinikmati warga binaan, seperti layanan self service", tutur Febri.

Baca Juga: Yuk Kreatif Memanfaatkan Teknologi Internet

 Dikatakannya juga self service adalah layanan mandiri yang menyajikan data penahanan warga binaan dalam satu monitor. Jika membaca sudah terkendala, penyampaian informasi dan tingkat pemahaman pun tidak maksimal", sambungnya.

Lebih lanjut Febriansyah menganalogikan program ini bagai mata air ditengah gurun pasir. "Mini class merupakan kesempatan langka, bak mata air yang menyejukkan ditengah gurun, meskipun sedang menjalani masa pidana, peningkatkan kualitas diri juga bisa terlaksana", jelasnya.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x