Pengaruh Media Sosial Dalam Membentuk Personal Branding

- 7 Juli 2021, 10:50 WIB
Ilustrasi personal branding
Ilustrasi personal branding /PIXABAY/geralt


INDOBALINEWS - Dewasa ini aktivitas penyampaian pesan melalui media sosial bergerak begitu deras, hampir tak dapat dibendung.

Para netizen Indonesia dengan leluasa memainkan tombol-tombol keyboard gawainya, merangkai huruf-huruf menjadi kata, frasa, klausa, kalimat, paragraf, dan wacana. Ironisnya, semangat berkata-kata secara tertulis ini tidak dibarengi dengan sikap positif penggunaan bahasa.

Nannette Jacobus, Account Manager Frente Indonesia mengatakan penggunaan bahasa di media sosial perlu diperhatikan. Dengan mengirimkan konten berbahasa yang baik dan benar pun resiko salah paham masih mungkin terjadi, terlebih jika bahasa yang digunakan tidak benar

“Penggunaan bahasa juga memengaruhi personal branding di media sosial,” kata Nannete saat berbicara dalam webinar Literasi Digital Wilayah Kabupaten Gianyar, Bali pada Selasa 6 Juli 2021.

Baca Juga: Cerita Menparekraf Sandiaga Uno Lewati Isoman saat Terpapar Corona

Menurut Nannete, apa yang ditampilkan di media sosial menjadi personal branding kita. Untuk itu, pengguna media sosial perlu memahami perbedaan antara personal branding dan pencitraan.

“Kalau personal branding itu lebih fokus kepada keahlian kita dalam pencapaian prestasi. Dan didalamnya ada visi misi dan tujuan yang lebih luas serta ada manfaatnya dan dilakukan secara berkala atau terus menerus,” terangnya.

Sementara pencitraan valuenya kosong karena dalam pecitraan kita menampilkan diri kita yang bukan sebenarnya hanya karena mau mengambil simpati di luaran. “Pencitraan sifatnya sementara sampai tujuan tercapai, jika sudah tercapai maka akan berhenti.”

Baca Juga: Sindikat Pemerasan yang Melibatkan 3 WNA Rusia Dibongkar Polisi, Korban Asal Uzbekistan

Nannette mengakui, personal branding di dunia digital sangat penting dilakukan. Hal tersebut karena ruang digital memiliki kekuatan lebih besar dalam memengaruhi opini, jangkauan (publik) yang lebih luas, dan mudah diakses atau gratis.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x