Saat Kapolres Roby Bicara Kitab Ramayana dan Kecintaan pada Bangsa

- 10 Juli 2021, 22:27 WIB
 Kapolres Badung AKBP Roby Septiadi, SIK
Kapolres Badung AKBP Roby Septiadi, SIK /Dok Humas Polres Badung Bali


INDOBALINEWS - Berpikir bahwa kebijaksanaan hanya bisa diperoleh di usia senja, atas banyaknya pengetahuan dan pengalamannya. Namun banyak yang membuktikan, pengalaman dan usia bukan satu-satunya sumber kebijaksanaan.

Misalnya Kapolres Badung AKBP Roby Septiadi, SIK di usianya yang masih relatif muda dan memiliki pengalaman kurang dari 4 tahun di Bali tapi  memiliki pengetahuan dan kebijaksanaan terhadap budaya luhur orang Bali.

Menurut Roby, dari 4 ajaran guru (catur guru) salah satunya yakni Guru Wisesa ( hormat kepada pemerintah).

"Ajaran ini terdapat di dalam Kitab Ramayana Sargah XXIV sloka 61 yang memiliki pesan moral, agar umat Hindu mematuhi segala peraturan (hukum dan undang-undang) yang ditetapkan sebagai wujud bhakti terhadap Guru Wisesa (Pemerintah)," tutur Roby dari ruang kerjanya si Polres Badund Bali Sabtu 10 Juli 2021.

Baca Juga: PPKM Darurat Pintu Masuk Bali Diperketat, 80 PPDN Putar Balik

Sehingga, lanjutnya, dengan menghormati dan menjunjung tinggi wibawa pemerintah mendapatkan hidup yang bahagia, aman, nyaman, damai dan sejahtera.

Menurutnya apa yang ada didalam kitab suci agama Hindu penganutnya harus ikut mambantu pemerintah dalam menekan penyebaran Covid -19. Seperti mentaati Prokes, tidak menyebarkan ujaran kebencian dan informasi hoax, menaati peraturan dan pastinya tidak melakukan pelanggaran hukum.

Begitu juga di dalam Kitab Sarascamuscaya, 238, prilaku baik layak diberikan kepada pemerintah, karena guru wisesa (pemerintah) yang mempu melindungi dan memberikan kesejahteraan.

Baca Juga: Satu Klip Sabu yang Ditemukan di Rumah Nia Ramadhani seharga Rp1,5 Juta

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x