Inkubator Usaha Lestari: Rekrut 1.000 Pemuda Bali, Garap Kelestarian Alam hingga Identitas Budaya

- 2 Oktober 2021, 08:55 WIB
Yayasan Pratisara Bumi Lestari  meluncurkan Inkubator Usaha Lestari (Inkuri) 29 September 2021.
Yayasan Pratisara Bumi Lestari meluncurkan Inkubator Usaha Lestari (Inkuri) 29 September 2021. /Dok. Pratisara Bumi Foundation

INDOBALINEWS - Yayasan Pratisara Bumi Lestari meluncurkan Inkubator Usaha Lestari (Inkuri) dan akan merekrut 1.000 anak muda Bali untuk terlibat dalam program ini.

Inkuri telah membuka pendaftaran gratis melalui www.usahalestari.id/program-bali bagi 1.000 anak muda bali usia 18-35 tahun yang bakal menjadi motor penggerak untuk ekonomi Bali yang lestari dan membumi.

Program Inkuri yang diluncurkan 29 September 2021 itu fokus kepada kelestarian alam, kesejahteraan masyarakat lokal, dan identitas budaya yang didukung Pemerintah Australia melalui skema dana hibah Alumni Grant Scheme yang dikelola oleh Australia Awards di Indonesia.

Baca Juga: Film Lokal Dorong Pemulihan Ekonomi, Pemerintah Kucurkan Dana Promosi dan Produksi

Pandemi yang telah berlangsung hampir 2 tahun membuat Bali begitu kesulitan karena perekonomian yang sangat bergantung pada sektor pariwisata.

“Inkuri adalah cara yang sangat baik untuk memanfaatkan keterampilan digital dan melimpah di Bali dan membantu generasi masa depan untuk beralih dari model pariwisata tradisional,” kata  Anthea Griffin melalui keterangan resmi yang diterima Indobalinews, Sabtu 2 Oktober 2021.

Perlu adanya diversifikasi industri untuk membuka kesempatan ekonomi atau sumber penghidupan yang lebih beragam bagi masyarakat Bali.

Baca Juga: 2.000 Personel TNI Polri Siap Amankan Lingkar Sirkuit MotoGP Mandalika Lombok Tengah

Selain itu, pembangunan pada sektor pariwisata Bali yang masif dan tidak berkelanjutan kini juga menyebabkan munculnya masalah-masalah baru, seperti sampah, krisis air, hingga kesenjangan sosial.

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x