Pentingnya Rencana Kontingensi Terorisme untuk Bali Tangguh Bencana

- 6 November 2021, 21:04 WIB
Uji Publik Finalisasi Penyusunan Rencana Kontingensi Terorisme Provinsi Bali yang digelar Rabu  3 November 2021 di Prime Plaza Sanur Denpasar.
Uji Publik Finalisasi Penyusunan Rencana Kontingensi Terorisme Provinsi Bali yang digelar Rabu 3 November 2021 di Prime Plaza Sanur Denpasar. /Shira Ade Indobalinews

 

INDOBALINEWS – Berdasarkan hasil kajian risiko, Bali termasuk sebagai salah satu daerah dengan risiko tingi terhadap bencana. Sesuai hasil analisis bahaya yang dikeluarkan BNPB pada tahu 2020, Bali memiliki 14 potensi bencana.

Bali selain rawan dengan bencana yang disebabkan oleh faktor alam dan non alam, juga sangat rawan dengan bencana yang disebabkan oleh faktor manusia seperti ancaman terorisme.

Dan salah satu upaya mitigasi dan kesiapsiagaan yang dapat dilakukan dalam menghadapi ancaman bencana terorisme adalah menyusun rencana kontingensi terorisme Provinsi Bali.

 Baca Juga: Komisi I DPR Setujui Jenderal Andika Perkasa jadi Panglima TNI

Hal itu dikatakan oleh Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Provinsi Bali, Drs.I Made Renti, AP.MSi saat membacakan sambutan dari Sekda Provinsi Bali Dewa Made Indra dalam pembukaan Uji Publik Finalisasi Penyusunan Rencana Kontingensi Terorisme Provinsi Bali yang digelar Rabu  3 November 2021 di Prime Plaza Sanur Denpasar.

“Salah satu upaya mitigasi dan kesiapsiagaan yang dapat dilakukan dalam menghadapi ancaman bencana terorisme adalah menyusun rencana kontingensi,” ujar I Made Rentin yang juga menghadirkan naras umber I Gede Sudiartha, S.Sos, M.Si, Kelompok Ahli Gubernur Bidang Khusus Mitigasi dan Pengurangan Risiko Bencana dan Carl Daniels Deputi Senior Responbilitiy dari J E S I P secara daring dari London UK.

 Baca Juga: Vanessa Angel dan Bibi Dimakamkan di Jakarta, Kondisi Sang Anak Membaik

Lebih lanjut, kata Rentin dengan adanya rencana rencana kontingensi harapannya pada situasi darurat, para pemangku kepentingan yang ada di Provins Bali dapat mengetahui peran, tugas dan fungsi mereka masing-masing dalam melakukan kegiatan tanggap darurat sehingga dapat memberikan respon yang cepat, terpadu dan terkodinir dengan baik.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x