Tanamkan Pendidikan Budi Pekerti Anak Usia Dini Bisa Lewat Dongeng

- 19 Januari 2022, 10:00 WIB
Ilustrasi dongeng.
Ilustrasi dongeng. /Buku Tema 7 Kelas 2 SD/buku.kemdikbud.go.id/

INDOBALINEWS - Memperkenalkan nilai-nilai budi pekerti kepada anak, khususnya pada usia dini harus melalui penanamam yang kreatif, inovatif dan komunikatif sehingga pendidikan budi pekerti dapat terserap dengan baik oleh anak-anak.

Dalam upaya mewujudkan hal tersebut dapat dilakukan dengan cara mendongeng. Hal tersebut disampaikan Ketua TP PKK Provinsi Bali Putri Koster saat menjadi Narasumber dalam dialog interaktif di LPP RRI Singaraja, pada Selasa 18 Januari 2022.

Dalam kesempatan tersebut, Putri Koster yang akrab disapa Bunda Putri ini menyampaikan bahwa beberapa waktu yang lalu pihaknya mengundang Kak Seto yang merupakan psikolog terbaik Indonesia untuk berdialog dan memberikan ilmu terkait pentingnya mendongeng.

Baca Juga: Perampok Babak Belur Dihajar Warga, Usai Aniaya Korbannya Hingga Meninggal

Terlebih dari itu, sebagai Ketua TP PKK yang menyasar para keluarga, maka Putri Koster mengajak seluruh PKK yang ada di kabupaten sampai ke tingkat desa untuk menggalakan kembali kegiatan mendongeng untuk menanamkan sikap budi pekerti terhdap anak usia dini.

Di samping itu, wanita yang akrab dipanggil Bunda Putri ini mengatakan bahwa di zaman teknologi yang serba canggih seperti saat ini, maka tidak menutup kemungkinan bagi para orang tua untuk tidak mengenalkan gadget kepada anak.

Namun, penggunaan gadget juga harus dibatasi, salah satunya dengan cara memperkenalkan dongeng dan beberapa aktifitas menarik lainnya, sehingga anak tidak kecanduan terhadap gadget.

Baca Juga: Ridwan Kamil Imbau Arteri Dahlan Minta Maaf untuk Hindari Reaksi Meluas Masyarakat Sunda

Untuk itu, Bunda Putri berharap ketrampilan mendongeng wajib dimiliki oleh para orang tua karena dengan mendongeng akan memberikan berbagai dampak positif pada perkembangan anak.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x