Akun Youtube 'Case Closed' Hilang, Erick EST: Seperti Membungkam Kreativitas Masyarakat dan Demokrasi

- 1 Maret 2022, 19:32 WIB
Diskusi media dengan pengelola akun youtube 'Case Closed' yang hilang atau ditakedown berlangsung di Kubu Kopi Renon Denpasar Selasa 1 Maret 2022.
Diskusi media dengan pengelola akun youtube 'Case Closed' yang hilang atau ditakedown berlangsung di Kubu Kopi Renon Denpasar Selasa 1 Maret 2022. /Shira Indobalines

INDOBALINEWS - Menyusul hilang atau di-takedownnya akun YouTube "Case Closed",  Sutradara film Erick EST salah satu pengelola akun yang hilang ini mengatakan peristiwa ini menjadi preseden buruk upaya membungkam kreativitas masyarakat untuk memberikan aspirasi.

Menurut Erick, upaya take down yang telah dilakukan terkesan janggal dengan kejadian senada yang kerap terjadi di dunia medsos.

Bagi Erik sendiri hal ini sangat merugikan dari akun youtube hilang ini lebih kepada sisi pengembangan kreatifitas dan kebebasan berdemokrasi. Bagi dia "Case Closed" bukan hanya akun YouTube semata. Tapi karya yang membutuhkan waktu, pikiran dan kerja keras untuk mewujudkannya.

Baca Juga: Aksi Demo WNA Ukraina di Bali Dibubarkan Petugas Keamanan

"Kalau ditanya soal kerugian tentu di proses kreatif dan data. Karena narasumber yang kita undang susah sekali menjadwalkan waktu. Dulu seminggu dua kali, setelah berjalan dia bulan jadi seminggu sekali," ucap Erik saat diskusi bersama wartawan didampingi sejumlah tokoh masyarakat Bali yang pernah menjadi nara sumber di podcatsnya.

Lebih lanjut dikatakan Erick, sebagai insan perfilman, ia sangat mengerti soal isue isue yang merugikan publik akan di take down youtube.

Baca Juga: Jelang Nyepi di Bali, Gelar Pawai Ogoh-ogoh 175 Pemuda Kelurahan Lukluk Lakukan Tes Swab

"Tapi itu biasanya videonya saja tapi di akun case closed yang hilang semuanya. Jika alasannya menyesatkan atau yang lainnya saya rasa janggal karena pod cast ini lebih membicarakan kreativitas dan permasalahan untuk kepentingan umum dan edukasi publik," ujar Erick saat diskusi bersama wartawan didampingi sejumlah tokoh masyarakat Bali yang pernah menjadi nara sumber di podcatsnya.

Lebih lanjut dijelaskan juga dari 18 edisi yang sudah tayang, materinya berisi tentang edukasi publik dengan menghadirkan narasumber yang kompeten di bidangnya.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x