Dari Ajang DIN: Inovasi digital Berperan Penting dalam Penanganan Pandemi Global Covid 19

- 3 September 2022, 20:52 WIB
Menkominfo Membuka  Acara Digital Innovation Network  (DIN) ) di Nusa Dua Bali Sabtu 3 September 2022.
Menkominfo Membuka Acara Digital Innovation Network (DIN) ) di Nusa Dua Bali Sabtu 3 September 2022. /Nara Indobalinews

INDOBALINEWS – Inovasi digital memiliki peran penting dalam penanganan pandemi global Covid-19 dan percepatan pemulihan pascapandemi.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan digitalisasi akan mendorong ekonomi masa depan sebagaimana hasil pertemuan Forum Digital Economy Working Group (DEWG) Presidensi G20 Indonesia.

"Pada tahun 2030, diperkirakan 70% dari penciptaan nilai baru dalam perekonomian akan didasarkan pada model bisnis yang diaktifkan secara digital," ujarnya dalam pembukaan Digital Innovation Network (DIN) G20 yang berlangsung secara hybrid dari The Westin Hotel, Nusa Dua, Badung, Bali, Sabtu 3 September 2022.

Baca Juga: RS Unud Usung Beragam Inovasi di Usia Ke4, Komitmen Melayani Seluruh Lapisan Masyarakat

Data Bank Dunia (2022) menunjukkan sejalan dengan laju inovasi digital, valuasi ekonomi digital mencapai 15,5% dari total produk domestik bruto global.

Jumlah itu meningkat 2,5 kali lebih cepat dibandingkan 15 tahun terakhir. Menkominfo menyatakan inovasi digital secara khusus mendukung bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta perusahaan rintisan (startup).

Baca Juga: Mahalini dan Rizky Febian Rilis ‘You’re Mine’, Begini Lirik Lagunya

DIN yang dibuka oleh Menkominfo Johnny G. Plate menjadi bagian dari Digital Economic Working Group (DEWG) pada pertemuan G20 di Nusa Dua, Bali. 

Hadir dalam pembukaan DIN G20 pada tanggal 3 September 2022 di Hotel Westin Nusa Dua yaitu  Menteri Komunikasi dan Informasi Singapura, Josephine Teo , Menteri Komunikasi dan Teknologi Digital Afrika Selatan, Khumbudzo Phophi Silence Ntshavheni, VP Engineering & Research, Google, Yossi Matias; dan Head of Corporate Strategy of Zoom, Abhisht Arora.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x