Bali Siapkan Arak Penghangat Tubuh untuk Suvenir Delegasi KTT G20

- 9 September 2022, 19:32 WIB
Iwak Arumery, salah satu arak Bali yang akan disiapkan untuk suvenir bagi para delegasi KTT G20 November 2022 mendatang.
Iwak Arumery, salah satu arak Bali yang akan disiapkan untuk suvenir bagi para delegasi KTT G20 November 2022 mendatang. /Facebook Iwak Bali

INDOBALINEWS -  Para delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 bakal membawa oleh-oleh minuman alkohol hasil fermentasi khas Pulau Dewata, arak Bali.

Arak Bali yang terpilih masuk dalam KTT G20 adalah produksi perajin dari Denpasar dengan bahan dasar arak jung atau arak rempah.

Arak ini merupakan kekayaan budaya lokal zaman kuno atau untuk pengobatan, terutama untuk sakit batuk, atau sariawan, dengan manfaat sebagai penghangat tubuh.

Baca Juga: Harga BBM Naik, Ini Tarif Baru Penyeberangan Kapal Cepat dari Sanur ke Nusa Penida

Arak Bali yang disajikan di ajang G20 ini diproduksi langsung dari petani lokal di beberapa kecamatan di Kabupaten Karangasem, yang berbahan lontar, jaka, dan kelapa untuk kemudian diramu dengan rempah-rempah, madu, hingga buah-buahan.

Menurut Peraturan Gubernur Bali Nomor 1 Tahun 2020 koperasi mengumpulkan arak dari petani, kemudian diproses dengan inovasi agar "naik kelas". Arak murni dari petani diawetkan dulu agar baunya hilang, lalu campur rempah, buah dan madu. Hasil campuran itu disimpan enam bulan, setelah itu baru dibawa ke pabrik dan baru dapat dikonsumsi.

Adapun buah yang menjadi campuran dari arak Bali Iwak Arumery, antara lain mangga, jeruk bali, nanas, kopi, ragam jenis beri, bunga telang, hingga kurma. Untuk rempah, Puspa kerap memanfaatkan jahe merah, vanili, kayu manis dan cengkeh.

Dikutip dari Antaranews, arak campuran produk Bali itu aman dikonsumsi karena sudah mendapatkan sertikasi dari BPOM.

Baca Juga: Muktamar Muhammadiyah di Solo, Gibran Respons Positif Stadion Manahan Berbenah

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x