Tempat Perayaan Tahun Baru Imlek di Bali, Ini Vihara dan Kelenteng Terpopuler

- 17 Januari 2023, 23:15 WIB
Warga Tionghoa di Bali bersih -bersih Rupang jelang Imlek
Warga Tionghoa di Bali bersih -bersih Rupang jelang Imlek /Dok. Saifullah indobalinews

INDOBALINEWS - Seperti tahun sebelumnya, jelang perayaan Tahun Baru Imlek di Bali, warga Tionghoa khususnya umat Buddha melakukan bersih-bersih Kongco dan Vihara, tempat suci, tempat ibadah umat Buddha.

Seperti yang terlihat di Vihara Dharmayana, Kuta Kecamatan Kuta Kabupaten Badung, Senin, 16 Januari 2023, seratusan umat Buddha setempat datang silih berganti. Mereka diantaranya melakukan bersih -bersih area Vihara, pasang pernak pernik khas Imlek Lampion dan lilin, dan membersihkan rupang atau arca dewa dewi.

Baca Juga: Rekomendasi Liburan Imlek di Bali: Banyak Hotel di Seputaran The Nusa Dua Gelar Promo

Salah seorang pengurus inti Vihara Dharmayana Kuta, Adi Dharmaja Kusuma mengatakan sudah tradisi dari nenek moyang turun temurun soal kegiatan jelang perayaan Tahun Baru Imlek.

"Apalagi kita di Kuta kawasan wisata  persiapannya harus lebih memadai karena yang datang tidak hanya warga lokal setempat tapi juga wisatawan," kata Adi.

Menurutnya perayaan Tahun Baru Imlek 2574 tahun ini, kemungkinannya kunjungan wisatawan akan lebih banyak seiring Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) terkait pandemi Covid-19 telah dicabut pemerintah.

"Untuk umum Vihara buka 24 jam mulai jam 00 tanggal 21 hingga jam 00 tanggal 22 dan untuk jumlah yang datang diperkirakan 2500, 3000 orang," tambah Adi.

Baca Juga: Kapolda Bali Pantau Pelaksanaan Ibadah Tahun Baru Imlek 2022 di Vihara Satya Dharma

 

Halaman:

Editor: Saifullah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x