Turut Berduka Cita, Pencarian Korban Tenggelamnya KM Linggar Petak 89 Dihentikan: 9 ABK Dinyatakan Hilang

- 6 Maret 2023, 18:37 WIB
Tim SAR gabungan menyatakan pencarian terhadap 9 ABK KM Linggar Petak 89 yang tenggelam di Perairan Samudera Hindia dihentikan  pada Senin 6 Maret 2023 setelah dilakukan pencarian hinga hari ketujuh.
Tim SAR gabungan menyatakan pencarian terhadap 9 ABK KM Linggar Petak 89 yang tenggelam di Perairan Samudera Hindia dihentikan pada Senin 6 Maret 2023 setelah dilakukan pencarian hinga hari ketujuh. /Dok Humas Basarnas Bali

INDOBALINEWS - Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Denpasar (Basarnas Bali) pada Senin 6 Maret 2023 secara resmi menutup Operasi SAR terhadap 9 orang yang belum ditemukan, korban tenggelamnya KM. Linggar Petak 89 di perairan selatan Bali.

"Hari ini tepat pukul 16.20 Wita Operasi SAR KM. Linggar Petak 89 dinyatakan ditutup pada hari ke - 7, tanggal 6 Maret 2023," ujar Gede Darmada, S.E.,M.A.P. selaku SAR Mission Coordinator saat memberikan keterangan kepada media di Pelabuhan Benoa, Senin 6 Maret 2023 sore.

Dari hasil pencarian selama 7 hari, tim SAR gabungan telah menemukan 5 korban selamat, 1 meninggal dunia dan 9 lainnya dinyatakan masih hilang.

Baca Juga: Pelanggaran Marak, Polisi Terapkan Tilang Manual

Lebih lanjut, dikatakan Darmada, ada kemungkinan upaya pencarian dapat dibuka kembali apabila dalam waktu dekat adanya tanda - tanda korban ditemukan.

Hal ini sesuai dengan prosedur dan diamanatkan dalam Undang - Undang No. 29 Tahun 2014 paragraf 3 (Pasal 40 ayat 1b) bahwa pelaksanaan Operasi Pencarian dan Pertolongan telah dilaksanakan selama 7 hari.

Baca Juga: Cantiknya Artis Sosialita Filipina Glenda Dela Cruz Berbusana Filipiniana Karya Michael Leyva

Ditambahkannya, pihak Basarnas juga telah melakukan Maklumat Pelayaran (Mapel) kepada kapal - kapal yang berlayar melalui jalur tersebut. Apabila menemukan korban dapat melaporkan langsung ke Basarnas.

"Saya menyampaikan duka yang mendalam kepada keluarga korban yang dinyatakan meninggal dunia dan masih hilang atas tragedi tenggelamnya KM. Linggar Petak 89. Semoga keluarga dapat diberikan ketabahan dalam menghadapi kondisi ini, " imbuhnya.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x