Mengenal Desa Dauh Peken yang Jadi Percontohan Pengelolaan Sampah Pilah

- 31 Mei 2023, 21:29 WIB
Ilustrasi sampah plastik.
Ilustrasi sampah plastik. /Pexels/Magda Ehlers/

INDOBALINEWS - Persoalan sampah selama manudia masih hidup dan beraktivitas seakan tidak ada habisnya. Permasalahan sampah sudah menjadi persoalan serius baik di kota maupun di desa.

Sejumlah pihak harus berupaya sesuai kapasitas masing-masing untuk meminimalisir dampak negatif sampah.

Termasuk upaya warga seperti yang dilakukan Desa Dauh Peken, Tabanan, Bali yang memiliki program pengelolaan sampah yang dinamakan TPS3R Sadu Kencana yang berdiri sejak tahun 2016.

Baca Juga: Pengumuman Penting Bagi Warga Bali, 1 Juni 2023 Beli Solar Pakai QR Code Subsidi Tepat

TPS3R (Tempat Pengolahan Sampah - Reduce Reuse Recycle) merupakan tempat pengelolaan sampah yang dikonsepkan untuk Reduce (mengurangi), Reuse (menggunakan kembali), Recycle (mendaur ulang) sampah yang dihasilkan oleh masyarakat di Desa Dauh Peken.

Konsep utama dari pengolahan sampah di TPS3R Sadu Kencana adalah untuk mengurangi dan atau memperbaiki karakteristik sampah yang akan diolah secara lebih lanjut di tempat pemrosesan akhir (TPA) sampah.

Kepala Desa Dauh Peken I Komang Sana Yasa bercerita, program pengelolaan sampah telah dicanangkan pada tahun 2012 oleh kepala desa sebelumnya.

Baca Juga: Tuntut Kawil Dikembalikan, Massa Unjuk Rasa Rusak Kantor Desa

Kemudian, sejak Komang Sana Yasa dilantik menjadi kades baru, Ia pun melanjutkan salah satu visi misi mantan kades, yakni menciptakan desa hijau bersih sehat, dengan mengendalikan sampah.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x