KPKHN Gairahkan Nelayan Milenial Pantai Pandawa Budidaya Karang Hias di Masa Pandemi

- 20 Maret 2021, 16:17 WIB
para nelayan milenial Pantai Pandawa Bali dengan dukungan KPKHN, Bendesa Adat Kutuh, Bumda dan Dinas KKP menggairahkan budidaya karang hias.
para nelayan milenial Pantai Pandawa Bali dengan dukungan KPKHN, Bendesa Adat Kutuh, Bumda dan Dinas KKP menggairahkan budidaya karang hias. /shira ade indobalinews.com

INDOBALINEWS - Di tengah pandemi dimana kondisi pariwisata Bali tengah terpuruk, ada  sejumlah peluang untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Salah satunya adalah membuka lapangan pekerjaan baru untuk para nelayan milenial yang relatif masih muda untuk budidaya karang hias yang berpotensi besar untuk dieskpor sekaligus ikut menjaga ekosistem laut yang sustainable atau berkelanjutan.

Hal inilah yang dilakukan oleh Kelompok Pembudidaya Karang Hias Nusantara (KPKHN) bekerjasama dengan Desa Adat Kutuh dan Bumda Desa Adat Kutuh untuk memberdayakan masyarakat setempat di tengah pandemi.

Baca Juga: Miris, Terjerat Pinjol Untuk Bayar Kuliah Calon Advokat Coba Gasak Brankas LBH Bali

Baca Juga: Naik Motor Saat Hujan, Sekeluarga di Ubud Bali Tercebur ke Sungai, 1 Tewas 1 Masih Hilang

Menurut Ketua KPKHN Joko Agus Supriyanto, KPKHN sangat mendukung para nelayan yang ada di sejumlah tempat yang tertarik membudidayakan karang hias termasuk nelayan di Pantai Pandawa.

Apalagi para nelayan di Pantai Pandawa sebagian besar masih muda-muda dengan skill yang bagus sehingga dirinya yakin kegiatan tersebut selain bisa menggairahkan lagi pembudidayaan karang hias dengan konsep sustainable yang berpotensi ekspor juga bisa ikut mensejahterakan para nelayan. 

"Kegiatan KPKHN ini untuk memberdayakan masyarakat di Pantai Pandawa mengingat di kondisi pandemi pariwisata sedang lesu. Ada ketertarikan kami untuk memberdayakan masyarakat disini dan juga membantu meningkakan mensejahterakan masyarakat sekitar," ujar Joko Supriyanto kepada indobalinews.com Jumat 19 Maret 2021.

Baca Juga: Presiden Jokowi Isyaratkan Pariwisata Dibuka Juni 2021, Ini Yang Digencarkan Bali

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x