Cetak Rekor, Cadangan Devisa Capai 146,9 Miliar Dolar AS di September

- 7 Oktober 2021, 12:11 WIB
Ilustrasi uang.
Ilustrasi uang. /Pixabay/Gerd Altmann/

 

INDOBALINEWS - Bank Indonesia (BI) melaporkan posisi cadangan devisa Indonesia akhir September 2021 sebesar 146,9 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau kembali mencetak rekor tertinggi sepanjang sejarah.

Angka cadangan devisa tersebut meningkat dibanding posisi akhir Agustus 2021 144,8 miliar dolar AS dan lebih tinggi dari 137,3 miliar dolar AS Juli 2021.

"Peningkatan posisi cadangan devisa ini antara lain dipengaruhi oleh penerimaan pajak dan jasa serta penarikan utang luar negeri pemerintah," ujar Direktur Kepala Grup Departemen Komunikasi BI Muhamad Nur dalam keterangan resminya di Jakarta, Kamis, 7 Okotober 2021.

Baca Juga: Presiden Joko Widodo: Komponen Cadangan TNI Hanya untuk Kepentingan Pertahanan

Dengan demikian, posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 8,9 bulan impor atau 8,6 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah.

Cadangan devisa September 2021 juga berada di atas standar kecukupan internasional atau sekitar tiga bulan impor.

BI menilai, cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan.

Ke depan, bank sentral ini memandang cadangan devisa tetap memadai, didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang terjaga, seiring dengan berbagai respons kebijakan dalam mendorong pemulihan ekonomi. ***

Editor: Riyanto

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x