PLN Siap Sambut Lonjakan Konsumsi Listrik Pascapandemi

- 13 Oktober 2021, 10:02 WIB
Direktur Utama PLN, Zulkifli Zaini dalam acara UN Global Compact Virtual Leaders Summit 2021.
Direktur Utama PLN, Zulkifli Zaini dalam acara UN Global Compact Virtual Leaders Summit 2021. /PLN Sulselrabar/

INDOBALINEWS - PT PLN (Persero) memastikan pasokan energi listrik andal mencukupi di tengah mulai menggeliatnya aktivitas masyarakat dan ekonomi pascapandemi Covid-19.

Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini mengatakan angka pertumbuhan konsumsi listrik di Indonesia secara year on year mencapai 4,42 persen menjadi 187,78 tera watt hour (TWh) sampai September 2021.

"Penjualan listrik kami proyeksikan bakal terus meningkat menembus 252,51 TWh sampai akhir 2021, atau tumbuh 4,71 persen dibanding tahun lalu," ujarnya dalam keterangan yang dikutip di Jakarta, Selasa, 12 Oktober 2021.

Baca Juga: Kemendikbudristek Salurkan Bantuan Kuota Internet Periode Oktober Kepada 26,6 Juta Pengguna

Zulkifli menjelaskan, pergerakan roda ekonomi di tengah pandemi juga tampak dari pertumbuhan sektor industri yang tumbuh 10,63 persen pada kuartal III 2021.

Dia memastikan pasokan energi listrik cukup untuk memenuhi meningkatnya konsumsi listrik, salah satunya PLTU Suralaya di Banten.

"Pembangkit berkapasitas 3.400 megawatt (MW) ini adalah salah satu tulang punggung kelistrikan di sistem Jawa-Bali untuk menopang pertumbuhan ekonomi nasional," ujar Zulkifli.

Pasokan listrik di sistem Jawa, Madura, dan Bali, ujarnya, sedang kelebihan pasokan seiring mulai beroperasinya sejumlah pembangkit di proyek 35.000 MW.

Baca Juga: Kapolri Perintahkan Jajarannya Menindak Tegas Usaha Pinjaman Online ilegal

Halaman:

Editor: Riyanto

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x