Menteri Bahlil Lahadalia Peroleh Komitmen Investasi Baterai Listrik dari Foxconn

- 24 Oktober 2021, 11:43 WIB
Menteri Investasi, Bahlil Lahadalia
Menteri Investasi, Bahlil Lahadalia /ANTARA/Sugiharto purnama. /

INDOBALINEWS - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengaku memeroleh komitmen investasi baterai dan kendaraan listrik usai bertemu Chairman Hon Hai Precision Industry (Foxconn) Young Liu di Taipei, Taiwan, Jumat, 22 Oktober 2021.

Pertemuan itu juga dihadiri oleh CEO dan pendiri Gogoro Horace Luke yang sekarang ini telah bermitra dengan Foxconn.

"Sesuai arahan Bapak Presiden Joko Widodo, kami menanti kerja sama Foxconn di Indonesia karena sejalan dengan visi besar dalam mentransformasi ekonomi untuk menciptakan nilai tambah. Pembangunan industri baterai dari hulu ke hilir adalah pendekatan yang tepat," kata Bahlil dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu.

Baca Juga: Erick Thohir Siapkan Pendanaan untuk Startup Indonesia di Tiga BUMN

Dalam pertemuan tersebut, Bahlil menyampaikan bahwa industri baterai listrik adalah salah satu wujud dari arah kebijakan pemerintah Indonesia ke depan dalam membangun ekonomi hijau dan ekonomi biru yang berkelanjutan.

Indonesia, katanya, adalah tempat yang tepat berinvestasi ekosistem baterai listrik karena memiliki keunggulan sumber daya alam sebagai bahan bakunya, pembangunan infrastruktur yang semakin merata, pertumbuhan masyarakat kelas menengah, serta bonus demografi yang berpotensi menjadi tenaga kerja produktif sekaligus sebagai pasar yang menjanjikan.

"Pemerintah sangat berkomitmen untuk hal ini. Jadi kami akan memastikan seluruh perizinan dan insentif melalui satu pintu, yaitu Kementerian Investasi. Saya yang akan urus dan kawal sendiri," tambahnya.

Bahlil juga mengingatkan tentang kolaborasi bersama BUMN, pengusaha swasta nasional, dan pelaku usaha mikro, kecil (UMKM), serta menengah di seluruh rantai pasok Foxconn dan Gogoro.

Baca Juga: Erick Thohir Buka Penetrasi Pasar Produk Halal Indonesia di Berbagai Negara

Halaman:

Editor: Riyanto

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x