Kawasan Industri Hijau di Kalimantan Utara akan Diperluas Menjadi 30 Ribu Hektare

- 24 November 2021, 18:29 WIB
Presiden Joko Widodo.
Presiden Joko Widodo. /antara

INDOOBALINEWS - Presiden Joko Widodo mengatakan, kawasan industri hijau (green industrial park) di Kalimantan Utara akan diperluas sampai 30 ribu hektare dari rencana semula 13 ribu hektare, karena permintaan industri produk hijau atau produk ramah lingkungan yang semakin tinggi.

“Kemarin dapat info lagi, karena permintaan menghasilkan produk hijau semakin banyak akan kita perluas jadi 30 ribu hektare, menjadi sebuah green industrial park yang saya kira terbesar di dunia, di Kalimantan Utara,” kata Presiden Joko Widodo dalam tayangan video Pertemuan Tahunan Bank Indonesia, disaksikan di Jakarta, Rabu 24 November 2021.

Kawasan industri hijau di Kalimantan Utara itu direncanakan akan mulai dibangun pada Desember 2021.

Baca Juga: Kepolisian Adakan Lomba Orasi Unjuk Rasa Peringati Hari Hak Asasi Manusia

Presiden Joko widodo menjelaskan, strategi pembangunan ekonomi yang ramah lingkungan atau ekonomi hijau harus segera diterapkan.

Hal itu karena potensi dan prospek ekonomi dunia ke depan akan sangat mengandalkan kegiatan ekonomi yang ramah lingkungan dan mengutamakan pertumbuhan berkelanjutan.

Indonesia, katanya, memiliki kekayaan ekonomi hijau yang melimpah, seperti energi dari sumber daya air, energi sumber daya panas bumi, energi sumber daya tenaga bayu, arus bawah laut, solar, sampai tenaga angin.

Presiden mencontohkan untuk energi sumber daya air, Indonesia memiliki 4.400 sungai.

Baca Juga: Erick Thohir Minta Pertamina Gratiskan Layanan Toilet di SPBU

Halaman:

Editor: Riyanto

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X