Proyeksi BI: Ekonomi Bali 2022 Bisa Tumbuh di Atas 6%

- 15 Januari 2022, 09:12 WIB
Acara Silaturahim Industri Perbankan dan Outlook Ekonomi Bali 2022" yang digelar Bank Indonesia Provinsi Bali Selasa 11 Januari 2022 di Kebon Vintage  Denpasar.
Acara Silaturahim Industri Perbankan dan Outlook Ekonomi Bali 2022" yang digelar Bank Indonesia Provinsi Bali Selasa 11 Januari 2022 di Kebon Vintage Denpasar. /Dok Humas BI Bali

 

INDOBALINEWS - Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho menyampaikan mobilitas masyarakat hingga Desember 2021 menunjukkan perbaikan seiring dengan membaiknya level PPKM.

Dikatakannya juga indikator sektor pariwisata pada triwulan IV 2021 menunjukkan adanya peningkatan jumlah wisatawan nusantara.

Serta kinerja konsumsi swasta pada periode yang sama juga mengalami pertumbuhan positif yang tercermin dari peningkatan Survei Konsumen, Survei Perdagangan Eceran, kredit konsumsi, dan konsumsi listrik rumah tangga.

Baca Juga: Rektor UIN Sunan Kalijaga Minta Bangsa Indonesia Lapang Dada Maafkan Penendang Sesajen, Ini Sebabnya

Hal itu disampaikan Trisno Nugroho saat acara “Silaturahim Industri Perbankan dan Outlook Ekonomi Bali 2022" yang digelar Bank Indonesia Provinsi Bali Selasa 11 Januari 2022.

"Dengan Berkaca pada data-data tersebut, Bank Indonesia memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Provinsi Bali pada triwulan IV 2021 mencapai 2,1-2,9% (yoy) dan sepanjang tahun 2021 sebesar -2,2 s.d. -1,4% (yoy)," ujar Trisno dalam acara yang dihadiri oleh Wagub Bali Cok Ace itu.

Lebih lanjut dikatakannya bahwa pemulihan ekonomi Bali akan berlanjut di tahun 2022 dengan prakiraan pertumbuhan ekonomi bisa mencapai 5,4-6,2% (yoy). Sementara itu, inflasi diperkirakan juga akan meningkat, namun masih dalam kisaran target 3%  1% (yoy).

Baca Juga: Dampak Gempa Banten Magnitudo 6,7: Sejumlah Rumah Warga Rusak di Pandeglang

Sementara itu dalam sambutannya, Wakil Gubernur Provinsi Bali, Prof. Dr. Ir. Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati, M.Si (Cok Ace) menyampaikan bahwa Bali perlu meningkatkan daya tahan terhadap penyakit, daya tahan terhadap tekanan ekonomi, serta meningkatkan daya saing.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x