Sinergi Lintas Lembaga untuk UMKM SIAP QRIS, Bali Bangkit

- 18 Januari 2022, 09:30 WIB
 BI Bali bersinergi dengan Kemenparekraf, PT Angkasa Pura 1 (Persero) Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai dan Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali menggelar festival produk UMKM Sabtu 15 Januari 2022.
BI Bali bersinergi dengan Kemenparekraf, PT Angkasa Pura 1 (Persero) Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai dan Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali menggelar festival produk UMKM Sabtu 15 Januari 2022. /Dok Humas BI Bali

 

INDOBALINEWS -Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali bersinergi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, PT Angkasa Pura 1 (Persero) Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai dan Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali menyelenggarakan kegiatan Showcase Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

Hal ini dilakukan dalam rangka mendorong terciptanya ekosistem ekonomi dan keuangan digital yang inklusif dan efisien, serta untuk mendukung pemulihan ekonomi regional dan nasional.

Sinergi digelar dalam bentuk festival dan pameran produk UMKM kuliner dan kriya khas Bali di sepanjang koridor kedatangan domestik Bandara Ngurah Rai, Badung, pada Sabtu 15 Januari 2022.

Baca Juga: Amankan Perairan KEK Mandalika, Danlanal Mataram Kerahkan Kekuatan Penuh

Kegiatan yang bertajuk ”UMKM S.I.A.P QRIS, Bali Bangkit” ini juga  merupakan kegiatan pre-event perdana dari perhelatan Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) 2022 yang diselenggarakan secara nasional mulai Januari 2022 hingga puncaknya pada Juli 2022.

Tema showcase yang diusung sendiri sebagaimana disampaikan oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho, memiliki makna bahwa ”UMKM yang Sehat, Inovatif, Aman Pakai QRIS akan mampu mengakselerasi geliat ekonomi Bali, khususnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Baca Juga: Nusantara Jadi Nama Ibu Kota Negara, Ketua Pansus: Sudah Melalui Pertimbangan Historis hingga Filofofis

Oleh karena itu, Bandara sebagai salah satu pintu masuk utama wisatawan ke Bali, secara khusus dipilih menjadi lokasi penyelenggaraan kegiatan antara lain sebagai simbol bahwa QRIS sebagai kanal pembayaran nirsentuh yang cepat, mudah, murah, aman dan handal telah tersedia dan dapat digunakan oleh masyarakat sejak menginjakkan kaki di wilayah Bali.

Secara total, tercatat lebih dari 400 ribu merchant di Bali telah menyediakan QRIS, menjadikan Bali peringkat ke delapan secara nasional dengan jumlah merchant QRIS terbesar.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x