Hasil Penelitian Ipsos Indonesia Akhir 2021: Shopee Peringkat Pertama E-Commerce Paling Sering Digunakan

- 4 Februari 2022, 09:05 WIB
E-commerce yang paling melekat di benak konsumen.
E-commerce yang paling melekat di benak konsumen. /Ipsos Indonesia

INDOBALINEWS -  Penelitian yang dilakukan Ipsos Indonesia menunjukkan Shopee menduduki peringkat pertama e-commerce melalui empat penilian indikator yang digunakan dalam survei.

Ipsos, perusahaan riset pasar (market research) global yang ada di Indonesia, melakukan survei 26 November-6 Desember 2021 terhadap tiga pemain utama e-commerce di Indonesia yakni Shoppe, Tokopedia, dan Lazada.

Andi Sukma, Country Service Line Group Leader, Observer, Customer Experience & Channel Performance, Ipsos Indonesia mengatakan survei dilakukan secara daring dengan melibatkan total 1.000 responden usia 18-35 tahun ke atas yang pengalaman menggunakan jasa e-commerce dalam dua tahun ke belakang .

Baca Juga: Putri Gus Dur Tak Sepakat dengan Oki Septiana Dewi yang Terkesan Menutupi KDRT

Survei dilakukan di kota Tier 1 seperti Jakarta dan kota besar lain yang menjadi barometer, serta kota-kota Tier 2 dan Tier 3 yang memiliki potensi untuk menjadi penopang pertumbuhan Indonesia di masa yang akan datang.

“Dalam survei ini, kami menggunakan empat indikator yakni brand use most often atau BUMO, seberapa merek/platform mana yang paling sering digunakan, Top of Mind, merek mana yang ada di urutan pertama benak konsumen, penetrasi konsumen, seberapa banyak jumlah penggunaan dalam jumlah transaksi, dan nilai transaksi dalam tiga bulan terakhir,” katanya dalam keterangan resmi, Kamis 3 Februari 2022, tentang hasil riset terbaru terkait persaingan industri e-commerce selama akhir 2021.

Berdasarkan hasil survei, di antara tiga pemain utama e-commerce di Indonesia, Tokopedia, Shopee, dan Lazada, diketahui bahwa Shopee menduduki peringkat pertama pada empat penilaian indikator yang digunakan dalam survei.

Baca Juga: Pelestarian Kain Tenun Endek Bali Perlu Tindakan Nyata

Andi Sukma merinci empat indikator yang digunakan adalah, pertama indikator merek yang paling sering digunakan atau Brand Use Most Often (BUMO). Berdasarkan indicator BUMO ini, 54% responden memilih Shopee, disusul dengan Tokopedia (30%) dan Lazada (13%).

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x