Memahami Ekonomi Kolaborasi ala Stasiun Kopi Balapan Solo

- 12 Maret 2022, 07:10 WIB
MEnparekraf Sandiaga Uno saat berkunjung ke Sasiun Kopi Balapan Solo Kamis 10 Maret 2022.
MEnparekraf Sandiaga Uno saat berkunjung ke Sasiun Kopi Balapan Solo Kamis 10 Maret 2022. /Dok Humas Kemenparekraf

INDOBALINEWS - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, mengapresiasi konsep ekonomi berbasis kolaborasi ala Stasiun Kopi Balapan di Solo, Jawa Tengah, yang telah membuka lapangan kerja sehingga turut membangkitkan ekonomi nasional.

Menparekraf Sandiaga Uno, saat mengunjungi Stasiun Kopi Balapan, Solo, Kamis 11 Maret 2022 menyampaikan bahwa Stasiun Kopi Balapan ini memiliki pola tatanan ekonomi baru, yakni ekonomi berbasis kolaborasi.

“Ekonomi baru adalah ekonomi berbasis kolaborasi. Asetnya milik Kereta Api Indonesia, namun atas inisiatif dengan pemerintah Kota Surakarta dihadirkanlah hal yang juga bisa membuat destinasi wisata kuliner yang mengangkat produk-produk terbaik nusantara dan diolah oleh Pak Santoso sebagai pengusaha sekaligus Owner Stasiun Kopi Balapan,” kata Sandiaga dalam pernyataan resmi Kemenparekraf Jumat 11 Maret 2022.

Baca Juga: Bayi Perempuan Pasangan Miliarder Elon Musk dan Penyanyi Grimes Diberi Nama Panggilan 'Y

Terlebih Indonesia diyakininya berpotensi besar menjadi episentrum kopi dunia yang membuka peluang usaha dan lapangan kerja seluas-luasnya bagi seluruh masyarakat.

“Hari ini, bertepatan dengan Hari Kopi Nasional, kita hadir di Stasiun Kopi Balapan, kita harapkan kopi bisa diandalkan sebagai salah satu komoditas ekspor uang, bisa mendatangkan devisa dan mendatangkan lapangan kerja seluas-luasnya,” ujar Sandiaga.

Sementara itu, Owner Stasiun Kopi Balapan, Santoso, menyampaikan dengan hadirnya Stasiun Kopi Balapan bisa turut mendatangkan wisatawan untuk berkunjung ke Surakarta.

Baca Juga: Viral di Medsos: Mau Nonton Futsal, Seorang Pelajar Perempuan Dikeroyok Hingga Patah Lengan

“Kopi ini hampir di setiap daerah Indonesia pasti ada kopi dan selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Saya berharap Stasiun Kopi Balapan ini juga bisa jadi daya tarik dan pemikat wisatawan untuk berkunjung ke Surakarta,” ujar Santoso.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x