KTT G20 di Bali: Perajin Pamekasan Siapkan Batik Tulis Unggulan

- 16 April 2022, 10:15 WIB
Salah satu gerai busana di sentra batik tulis di Desa Klampar, Kecamatan Proppo, Pamekasan.
Salah satu gerai busana di sentra batik tulis di Desa Klampar, Kecamatan Proppo, Pamekasan. /ANTARA/Abd Aziz

INDOBALINEWS - Perajin batik tulis di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur ikut ambil bagian dalam pameran dalam rangka KTT G20 di Bali.

Sejumlah perajin mulai menyiapkan produksi batik tulis premium unggulan yang akan disajikan dalam ajang KTT G20 di Bali, November 2022.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Pamekasan Achmad Sjaifudin mengatakan batik tulis merupakan produk andalan yang masuk dalam warisan budaya tak benda.

Baca Juga: Tiga Klub Sepak Bola Diperiksa Bareskrim Polri, Terkait Kasus Robot Trading Viral Blast Global  

"Saat ini semua perajin sudah memproduksi batik premium untuk dipamerkan di KTT G20, karena Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah mengumumkan bahwa batik tulis Pamekasan merupakan salah satu warisan budaya tak benda yang akan mengikuti pameran tersebut," katanya, dikutip dari Antaranews pada Sabtu 16 April 2022.

Achmad menjelaskan pihaknya telah berkoordinasi dengan para perajin batik tulis di Pamekasan terkait hal itu, dan langkah Menparekraf mengikutsertakan batik tulis Pamekasan sebagai peserta pameran di ajang tersebut disambut gembira para perajin batik tulis Pamekasan.

Motif batik premium yang dipersiapkan para perajin di ajang KTT G20, antara lain batik podhek, sejar jagat, matahari, dan bheres nompa.

Selain memfasilitasi pameran batik tulis, pemerintah pusat juga menginginkan agar batik tulis Pamekasan menjadi pakaian para peserta delegasi KTT G20 tersebut.

Baca Juga: Umat Kristiani Gelar Prosesi Logu Senhor, Merayakan Jumat Agung di Maumere

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita

Sumber: Antaranews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x