Google Travel Insights: Minat Wisatawan Asing Berkunjung ke Indonesia Naik 94 Persen, Bali Tumbuh Tercepat

- 28 April 2022, 16:57 WIB
Pesawat Airbus A320-200 maskapai Pelita Air bersiap mendarat pada penerbangan perdana di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Kamis 28 April 2022. Maskapai ini membuka penerbangan perdana dengan pesawat Airbus A320-200 rute reguler dari Bandara Soekarno-Hatta ke Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali
Pesawat Airbus A320-200 maskapai Pelita Air bersiap mendarat pada penerbangan perdana di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Kamis 28 April 2022. Maskapai ini membuka penerbangan perdana dengan pesawat Airbus A320-200 rute reguler dari Bandara Soekarno-Hatta ke Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali /Nyoman Hendra Wibowo/ANTARA FOTO

INDOBALINEWS – Minat wisatawan mancanegara berkunjung ke Indonesia sejak dicabutnya kebijakan pembatasan perjalanan dan karantina pada Maret 2022 naik hingga 94 persen dari yang dicapai pada 2019.

Berdasarkan penelusuran melalui pencarian Google, secara global, Bali merupakan destinasi dengan pertumbuhan tercepat, dan Kuta dan Ubud, menjadi destinasi yang mencatat tingkat penelusuran paling tinggi.

“Sebagian besar peminat berasal dari Australia, Amerika Serikat, India, Inggris, dan Singapura,” demikian rilis Google Travel Insight, dikutip Rabu 28 April 2022.

Baca Juga: HARPI Melati Provinsi Bali, Jaga Kekhasan dan Kekayaan Budaya Bali Melalui Tata Rias Pengantin

Pencarian untuk pariwisata outbound dari Indonesia mencapai hampir 70 persen dari posisi di tahun 2019 sebelum merebaknya pandemi. Singapura, Paris, Kuala Lumpur, Dubai, dan Sydney adalah lima destinasi teratas yang paling banyak dicari.

Penelusuran untuk vacation rentals melonjak 1.400 persen dari Maret 2021 hingga Maret 2022. Hal ini menunjukkan potensi terjadinya masa kunjungan yang lebih lama di luar negeri dan preferensi terhadap akomodasi yang lebih eksklusif.

Sedangkan dalam penelusuran untuk asuransi perjalanan selama periode satu tahun yang sama meningkat hingga 78% yang menunjukkan adanya keinginan wisatawan untuk tetap terlindungi dari setiap insiden tak terduga.

Untuk wisatawan domestik, pada Maret 2022 penelusuran terkait perjalanan wisata 16 persen lebih tinggi dibandingkan bulan yang sama pada 2019.

Baca Juga: Belajar Ulet dan Pantang Menyerah dari Made Lin, dalam Melestarikan Budaya Bali

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x