Tujuh Cara Kelola Stok Barang di Gudang dengan Aplikasi Pencatatan Stok Barang

- 1 Mei 2022, 10:20 WIB
Ilustrasi pencatatan stk barang menggunakan aplikasi yang sangat memudahkan pelaporan.
Ilustrasi pencatatan stk barang menggunakan aplikasi yang sangat memudahkan pelaporan. /jurnal.id

INDOBALINEWS - Mempunyai Gudang barang dan harus mengelolanya tentu saja membutuhkan banyak hal yang harus dilakukan. Barang yang dikelola tentunya yang akan dapat membuat pengelolaan Gudang menjadi jauh lebih baik.

Ada kalanya memang banyak sekali tips yang harus anda lakukan agar dapat mengelola barang dengan baik. Dengan begitu segala hal yang Anda lakukan agar dapat berujung pada perkembangan Gudang itu sendiri.

Anda dapat mencoba untuk mengatasi dan mengatur bagaimana stok barang yang tepat agar dapat lancar dan bisa anda lakukan untuk berbagai stok barang di Gudang Anda. Misalnya, Anda bisa menggunakan aplikasi pencatatan stok barang.

Apa itu Stok Barang?

Secara singkat, stok barang adalah jumlah barang yang tersedia secara fisik dan siap untuk dijual. Proses pencatatan pembukan ini juga bisa disebut sebagai stock opname.

Tidak hanya untuk menghitung jumlah barang yang tersedia secara fisik, stock opname juga bisa membantu dalam perhitungan kas, aktiva, piutang, serta hutang dari perusahaan. Selain itu juga dengan catatan stok barang ini, perusahaan dapat menganalisis perkembangan perusahaan dan membandingkannya dengan tahun-tahun sebelumnya.

Cara Mengelola Stok Barang dengan Aplikasi Pencatatan Stok Barang

Untuk membuat contoh laporan stok barang, ada beberapa hal yang mesti dilakukan. Hal ini terkait dengan cara mengelola stok barang. Berikut adalah beberapa caranya:

  • Mempersiapkan data : data adalah bagian yang sangat krusial, sehingga harus benar-benar dipastikan keakuratannya. Pastikan bahwa pengelola stok barang adalah orang-orang yang memang dapat dipercaya dan mengerti terkait dengan hal tersebut.
  • Buat perkiraan persediaan : hal ini perlu dilakukan berdasar pada analisa data yang sudah pernah ada.
  • Memberi kode barang : kode barang sangat penting dalam partai yang besar. Selain itu, kode juga akan memudahkan penyebutan barang supaya tidak terjadi salah kaprah.
  • Pisahkan stok lama dan baru : agar semakin mudah mencatat dan mengecek barang.
  • Mengecek sebelum menyimpannya : pengecekan perlu dilakukan sebelum barang masuk gudang.

Manfaat Mengelola Stok Barang dengan Aplikasi Pencatatan Stok Barang

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x