Enam Alasan Kenapa HRD Beralih Gunakan Aplikasi untuk Absensi Online Sekarang Juga

- 1 Mei 2022, 10:46 WIB
Aplikasi absensi online yang disediakan Talenta.co sangat memudahakn perusahaan melakukan pencatatan daftar hadir, izin, dan cuti karyawan.
Aplikasi absensi online yang disediakan Talenta.co sangat memudahakn perusahaan melakukan pencatatan daftar hadir, izin, dan cuti karyawan. /Talenta.co

INDOBALINEWS - Perusahaan yang mempunyai banyak karyawan tentu saja memerlukan usaha yang lebih besar guna mengontrol semua karyawannya.

Mulai dari karyawan yang ingin mengambil cuti, tingkat ketepatan kehadiran, dan sebagainya. Oleh karena itu, sangat disarankan bagi perusahaan untuk menggunakan aplikasi untuk absen online berbasis web dan mobile.

Enam alasan utama mengapa perusahaan perlu memakai aplikasi Absen Online  Berbasis Web dan Mobile

  1. Kecepatan dan Keakuratan Data

Data kehadiran untuk tanggal atau hari tertentu bisa diakses tanpa adanya perubahan dikarenakan terdapat sistem kunci pada setiap harinya. Dengan begitu, apabila pimpinan perusahaan berniat melihat jumlah dari kehadiran karyawan di hari itu. Anda dapat mengaksesnya di waktu itu juga tanpa perlu menunggu selesainya jam kantor.

Termasuk pula data mengenai siapa yang cuti, sakit, dan izin. Dikarenakan setiap karyawan pun bisa mengajukan izin yang bersifat mendadak, seperti ketika kecelakaan atau sakit melalui aplikasi untuk absen online ini. Dengan demikian, informasi izin sakit tersebut bisa diketahui oleh perusahaan pada hari itu juga. 

  1. Hanya Bermodalkan Koneksi Internet dan Smartphone

Alasan selanjutnya Anda harus menggunakan aplikasi untuk absen online yaitu karena cukup dengan bermodalkan koneksi internet dan smartphone saja. Dikarenakan aplikasi untuk absen online tersebut akan dimiliki oleh seluruh karyawan di dalam perangkat masing-masing, maka perusahaan hanya perlu memberikan jaringan internet maupun wifi saja.

Hanya menggunakan koneksi internet saja, baik tim HR maupun karyawan bisa mengakses aplikasi untuk absen online ini dimana saja dan kapan saja. Anda pun bisa membuka laporan tentang kehadiran kapan saja ketika pimpinan perusahaan membutuhkannya. Untuk fasilitas wifi sendiri sebetulnya telah ada di hampir seluruh perusahaan. 

  1. Analisa Kinerja Karyawan

Apabila menggunakan aplikasi untuk absen online pastinya data absensi yang terbilang akurat, maka Anda akan semakin mudah dalam memonitor kinerja karyawan. Tentu saja hal ini juga memudahkan Anda saat ingin melaksanakan proses evaluasi kerja. Data absensi yang telah direkam dan lengkap dengan waktu kehadirannya bisa direkap langsung tanpa harus menunggu.

Sehingga, evaluasi kinerja karyawan dapat Anda lakukan melalui analisis di pola-pola dari kehadiran karyawan yang dihubungkan dengan kondisi dan juga situasi alam dan sosial yang memang sedang terjadi. Misalnya saja seperti pengaruh isu politik atau bencana banjir, dan lain sebagainya. 

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x