Mengenal Software ERP, Jenis dan 12 Keuntungannya Bagi Perusahaan

- 23 Juni 2022, 09:25 WIB
Laman software ERP yang menawarkan operasional bisnis lebih efisien.
Laman software ERP yang menawarkan operasional bisnis lebih efisien. /Mekari.com

INDOBALINEWS - ERP adalah singkatan dari Enterprise Resource Planning yang berarti sebuah sistem terpadu yang mengelola seluruh sumber daya perusahaan skala besar.

ERP meliputi semua aspek dari proses bisnis yang ada di perusahaan seperti: marketing, manajemen prospek, manajemen pelanggan, penjualan, pembelian, stok barang, manajemen gudang, akuntansi, lowongan pekerjaan, sumber daya manusia, penggajian, manajemen proyek dan masih banyak lagi.

ERP adalah sistem yang terintegrasi dan terkait secara solid antara semua bagian dalam proses bisnis. Software ERP bisa berupa kumpulan software yang terpisah-pisah ataupun berupa satu sistem yang utuh yang menangani seluruh proses dari setiap bagian bisnis maupun individu dalam bisnis tersebut.

Baca Juga: AVPN Conference: Solusi dan Peluang Dalam Hal Ekonomi yang Berkelanjutan dan Inklusif

Siapa yang Memerlukan Software ERP?

Secara teori sebenarnya hanya perusahaan besar yang membutuhkan sistem yang terintegrasi karena begitu kompleksnya proses bisnis yang ada di perusahaan besar tersebut.

Namun, saat ini akan lebih baik jika perusahaan bahkan yang baru merintis sekalipun sudah mulai mempertimbangkan untuk mengadopsi software ERP sejak awal untuk menghindari kerumitan migrasi data di kemudian hari.

Mengapa Perusahaan Wajib Mengadopsi Software ERP termasuk UKM?

Kami berpendapat bahwa untuk saat ini setiap perusahaan yang benar-benar serius untuk berkembang wajib menggunakan ERP sejak awal karena penggunaan aplikasi terpisah misalnya aplikasi akuntansi secara terpisah, aplikasi kasir secara terpisah, aplikasi email marketing secara terpisah hanya akan memperburuk manajemen sumberdaya dalam perusahaan tersebut. Justru sebaiknya, pengusaha baru pun menggunakan ERP sejak awal.

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x