Jelang G20: Dialog B20 Sepakati Kolaborasi Pembiayaan Infrastruktur Berkelanjutan

- 15 Juli 2022, 21:46 WIB
PertemuanB20-G20 Indonesia Finance & Infrastructure Task Force di Nusa Dua Bali  Kamis 14 Juli 2022.
PertemuanB20-G20 Indonesia Finance & Infrastructure Task Force di Nusa Dua Bali Kamis 14 Juli 2022. /Dok Joko

 

INDOBALINEWS - Dialog B20-G20 yang digelar oleh B20 Indonesia Finance & Infrastructure Task Force di Nusa Dua Bali menyepakati kolaborasi pembiayaan infrastruktur berkelanjutan.

B20 Indonesia Finance & Infrastructure Task Force Chair Ridha Wirakusumah mengemukakan mengenai rekomendasi kebijakan yang dirumuskan satuan tugasnya guna mengatasi kesenjangan infrastruktur dan pendanaan terutama di negara-negara berkembang.

"Kami mendorong empat rekomendasi Gugus Tugas F&I dapat dituangkan dalam aksi-aksi nyata, melalui kolaborasi pelaku usaha dan pemerintah, untuk mendorong pemulihan ekonomi yang berkelanjutan,” ujar Ridha menutup paparan rekomendasi Gugus Tugas F&I dalam acara yang digelar di Sofitel Bali Nusa Dua Beach Resort Kamis 14 Juli 2022. 

Baca Juga: 26 Desa di Pati Diterjang Banjir Bandang, Belasan Rumah Hanyut dan Puluhan Rumah Rusak

Forum dialog B20-G20 yang digelar secara hybrid membahas sejumlah rekomendasi kebijakan terkait keuangan dan infrastruktur yang juga akan dibahas dalampertemuan para menkeu dan gubernur bank sentral negara-negara G20 esok harinya.

Adapun empat rekomendasi yang sudah dihasilkan adalah pertama, meningkatkan akses ke sumber pembiayaan yang terjangkau dan sesuai.

Kedua, mendorong kolaborasi antar negara untuk mempercepat transisi yang adil menuju net-zero yakni jumlah emisi karbon yang dilepaskan ke atmosfer, tidak melebihi
jumlah emisi yang mampu diserap oleh bumi.

Baca Juga: Dikhawatirkan, Indonesia Masuki Gelombang Keempat Penularan Varian Covid 19

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x