Momentum Pemulihan Ekonomi Bali Meningkat Signifikan, Tak Ada Bayang Bayang Resesi di Bali

- 16 Februari 2023, 21:55 WIB
Sekda Kota Denpasar IB Alit Wiradana, Kepala Bulog Bali, Kepala Perwakilan BI Bali Trisno Nugroho dan Direktur Utama Perumda Dharma Santika Tabanan Kompiang Gede Pasek Wedha (ki-ka) usai acara OSBIM BI Bali di Dapur Alam Resto Sanur Kamis 16 Februari 2023.
Sekda Kota Denpasar IB Alit Wiradana, Kepala Bulog Bali, Kepala Perwakilan BI Bali Trisno Nugroho dan Direktur Utama Perumda Dharma Santika Tabanan Kompiang Gede Pasek Wedha (ki-ka) usai acara OSBIM BI Bali di Dapur Alam Resto Sanur Kamis 16 Februari 2023. /Shira Ade Indobalinews


INDOBALINEWS - Perekonomian Bali mengalami pertumbuhan positif dan momentum pemulihan ekonomi Bali meningkat secara signifikan.

Pada triwulan IV 2022, ekonomi Bali tumbuh sebesar 6,61% (yoy), melambat dari triwulan sebelumnya yang tumbuh 8,10% (yoy).

Dan ranking Bali naik dari posisi terakhir di tahun sebelumnya ke posisi 24 sebagai provinsi dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi tahun 2022.

Hal itu terangkat dalam acara Obrolan Santai BI Bareng Media (OSBIM) dengan  tema “Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi Bali 2023: Konsistensi, Inovasi dan Sinergi” yang digelar di Dapur Alam Resto Kamis 16 Februari 2023.

Baca Juga: Waki Bali di Ajang Mr And Miss Grand Tourism Dibekali Buku Padma Bhuwana dan Harapan Jaga Nama Baik Bali

Dijelaskan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali (BI Bali) Trisno Nugroho bahwa pada triwulan IV 2022, 13 lapangan usaha (LU) telah tumbuh positif.

"Tertinggi pada LU Transportasi dan Pergudangan, diikuti LU Penyediaan Akomodasi dan Makan Minum," ujar Trisno Nugroho.

Sementara itu, lanjut Trisno, terdapat 4 LU yang mengalami kontraksi, terdalam di LU Industri Pengolahan dan LU Pengadaan Air.

Kunjungan wisatawan pada keseluruhan tahun 2022 melonjak signifikan dan pada 2023 diprakirakan terus meningkat, terutama didorong oleh penyelenggaraan MICE dan event strategis.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x