Terkendala Tarif Cargo, Forum Petani Muda Bali, Ekspor Perdana Buah di Tengah Pandemi

- 24 September 2020, 15:57 WIB
Pekerja dari Komunitas Petani Muda Keren sedang melakukan proses pengemasan terhadap buah naga/ dok. Komunitas Petani Muda Keren
Pekerja dari Komunitas Petani Muda Keren sedang melakukan proses pengemasan terhadap buah naga/ dok. Komunitas Petani Muda Keren /

INDOBALINEWS – Ekspor perdana di tengah pandemi covid-19 berhasil dilakukan Forum Petani Muda Bali (Komunitas Petani Muda Keren) dengan negara tujuan Eropa.  Sebanyak 700 kilogram buah dikirim melalui rute Bali-Dubai-Praha pada Kamis, 24 September 2020.

Baca Juga: Digempur COVID-19, Sri Mulyani Prediksi Indonesia Resesi Akhir September

Ketua Forum Petani Muda Bali, A. A Gede Agung Wedhatama P mengatakan jika benua Eropa menjadi negara tujuan pertama. “Kalau dilihat dari jumlah masih di bawah rata-rata tapi ini akan dilakukan secara berkelanjutan,” katanya saat dikonfirmasi melalui pesan singkat. Kamis, 24 September 2020.

Baca Juga: Jurang Resesi Di Kuartal III 2020, Minus Hingga 2,9 Persen Prediksi Sri Mulyani

Terkait tiga buah itu, menurut Wedha, pihaknya mengambil langsung ke petani di kawasan Bali seperti Salak dari Desa Sibetan (Karangasem), Buah Naga dari Desa Bulian (Buleleng) dan Mangga diambil langsung dari petani di Desa Tembok (Buleleng).

Ia juga mengatakan dengan menyarasar Eropa, pihaknya melihat dari sisi harga yang didapat cukup bagus jika ia bandingkan dengan pasar lokal.

Baca Juga: Target Digitalisasi SPBU di Bali Capai 85% Lebih

“Dari buyer sendiri dikatakan harga masih terjangkau, namun kita harus kompetitip karena kita juga bersaing dengan negara lain, seperti Uganda, Thailand dan sebagainya,” ujar Agung Wedha.

Lebih lanjut dikatakannya, permintaan akan produk pertanian lokal dari beberapa negara di tengah pandemi covid-19 ini cukup banyak.

Halaman:

Editor: Gede Apgandhi Pranata


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x