Cek Kontribusi Bank Indonesia Untuk Hidupkan Pariwisata Bali Baru

- 18 Oktober 2020, 18:58 WIB
Webinar yang digelar BI Jumat 18 Oktober 2020 yang tajuk
Webinar yang digelar BI Jumat 18 Oktober 2020 yang tajuk /shira ade/Shira ade

 

INDOBALINEWS -Pandemi corona masih menggelayut di 'langit' industri pariwisata Bali yang roda perekonomian masyaratnya secara langsung maupun tidak langsung memang amat bergantung pada pariwisata.

Di tengah ketidakpastian kapan pandemi akan berakhir, para pelaku pariwisata di Bali berjuang keras untuk meyakinkan dunia bahwa Pulau ini sudah layak dikunjungi. Beragam cara dilakukan termasuk melakukan segala protokol kesehatan agar tumbuh kepercayaan publik kembali.

Baca Juga: Pemberlakuan Bali Era Baru Perbaiki Kondisi Dunia Usaha di Triwulan llI 2020

Seperti yang dikatakan oleh Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Rizki Ernadi Wimanda dalam  Webinar yang digelar Bank Indonesia Jumat 16 Oktober 2020 bahwa dari liaison dan survey survey terkait kondisi pariwisata Bali dan perekonomian Bali.

Baca Juga: Sosialisasi QRIS di Korem 163 Wira Satya Bali

"Survei kegiatan dunia usaha misalnya, menunjukkan adanya sedikit peningkatan di triwulan III tahun 2020. Tetapi Kondisi pariwisata Bali dan perekonomian Bali pada umumnya juga masih jauh di bawah kondisi normal meskipun sudah menunjukkan perbaikan," ujar Rizki dalam webinar yang mengambil tajuk "Tourism Industry Post Covid 19: Survival and Revival Strategy'.

Baca Juga: September 2020 Bali Alami Deflasi Lebih Dalam Dibanding Nasional

Dengan melihat fakta itu, harus diambil langkah langkah-langkah strategis yang mesti diambil pemerintah dan stakeholder. Pertama, masih tetap harus memperhatikan sektor pariwisata sebagai kontributor terbesar pada perekonomian Bali, namun dengan protokol kesehatan yang ketat.

"Kami sangat mengapresiasi pemerintah daerah yang sudah memiliki program kerja yang mencakup Cleanliness, Health, Safety and Environmental Sustainability atau CHSE," tuturnya.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x