Survei IDM: Masyarakat Puas Kinerja Kejaksaan Agung dan Polri

- 4 November 2021, 13:51 WIB
Ilustrasi logo Kejaksaan.
Ilustrasi logo Kejaksaan. /ANTARA/Ardika.

 

INDOBLINEWS - Direktur Eksekutif Indonesia Development Monitoring (IDM) Fahmi Hafel menyampaikan, hasil survei lembaganya menunjukkan bahwa masyarakat puas kinerja Kejaksaan Agung dan Kepolisian Republik Indonesia dalam penegakan hukum.

Fahmi Hafel dalam keterangannya di Jakarta Kamis, 21 November 2021, mengatakan, hasil survei mencatat tingkat kepercayaan publik kepada Kejaksaan Agung (Kejagung) 79,2 persen atau tertinggi di antara penegak hukum lainnya, seperti Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Polri, dan Mahkamah Agung.

Posisi berikutnya adalah Polri dengan skor 73,4 persen. KPK hanya 62,8 persen persen yang menyatakan percaya kepada lembaga itu.

Baca Juga: Presiden Joko Widodo Usulkan Jenderal Andika Perkasa Jadi Panglima TNI

"Hanya 62,3 persen responden yang sangat atau cukup percaya kepada pengadilan," katanya.

Polri diapresiasi 80,2 persen respoden, KPK yang diapresiasi 67,6 persen responden, dan Mahkamah Agung 52,1 persen.

"Apresiasi tertinggi diraih Kejaksaaan Agung yang diapresiasi oleh publik berkinerja baik dalam penegakan hukum dan pemebarantasan korupsi yang diapresiasi 88,6 persen respoden,” katanya.

Menurutnya, hasil jajak pendapat juga memperlihatkan, aparat penegak hukum dinilai oleh 57,9 persen telah mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap penegakan hukum.

Halaman:

Editor: Riyanto

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x