Bupati Badung Terima Kasubsatgassus Pencegahan Korupsi Bareskrim Mabes Polri

- 5 September 2022, 21:50 WIB
Foto bersama dalam acara Penyampaian Data dan Informasi terkait dengan pencegahan korupsi pada tata kelola pupuk bersubsidi.
Foto bersama dalam acara Penyampaian Data dan Informasi terkait dengan pencegahan korupsi pada tata kelola pupuk bersubsidi. /Dok. Humas Pemkab. Badung

INDOBALINEWS - Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa menghadiri acara Penyampaian Data dan Informasi terkait dengan pencegahan korupsi pada tata kelola pupuk bersubsidi pada Senin (5/9) pagi tadi. Acara ini berlangsung di Ruang Kriya Gosana, Pusat Pemerintahan (Puspem) Kabupaten Badung.

Turut hadir Kasubsatgassus (Kepala Sub Satuan Tugas Khusus) Hotman Tambunan, Perwakilan Polda Bali dan Polres Badung, Koordinator Pupuk Subsidi Kementerian Pertanian serta Kepala OPD terkait di lingkungan Pemda Badung.

Bupati Giri Prasta dalam sambutannya mengapresiasi terselenggaranya kegiatan ini karena melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada masyarakat dan untuk menjamin pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Badung agar senantiasa berada dalam regulasi.

Baca Juga: Sosialisasi Peraturan Menteri Perdagangan No. 25 Tahun 2022 tentang Kebijakan dan Pengaturan Impor

Terkait program distribusi pupuk bersubsidi Pemerintah Kabupaten Badung telah melakukan berbagai upaya diantaranya pada tahun 2022 mengalokasikan anggaran subsidi benih padi kepada petani. Bahkan setelah pandemi Covid-19, Pemkab. Badung sudah mengalokasikan anggaran untuk subsidi pupuk seiring dengan pulihnya kemampuan keuangan daerah dan akan dialokasikan anggaran untuk subsidi pupuk.

“Terkait dengan pertanian kami juga sudah siapkan bagaimana Badung ini bisa mandiri tanpa adanya subsidi kedepan, karena kami selalu berpedoman dengan program Presiden Jokowi. Kami di Badung juga sudah menggunakan Aplikasi REKAN, dengan pengembangan aplikasi Rekan diyakini akan memudahkan petani memenuhi kebutuhan pupuknya sehingga diharapkan petani dapat meningkatkan produktivitas hasil tani guna mendukung program ketahanan pangan," jelasnya.

Baca Juga: BBM Naik, Kapolresta Denpasar Kucurkan Bantuan Bagi Warga Kurang Mampu

Sementara itu Kasubsatgassus (Kepala Sub Satuan Tugas Khusus) Hotman Tambunan menyampaikan kunjungan hari ini di Kabupaten Badung bertujuan untuk mengkoordinasikan beberapa hal diantaranya terkait dengan pupuk bersubsidi dan Aplikasi REKAN. Sebagaimana diketahui Kabupaten Badung merupakan area percontohan dalam rangka penggunaan Aplikasi REKAN.

“Banyak hal yang mau kita perbaiki dalam rangka pengadaan dan penyaluran pupuk bersubsidi dan diharapkan dengan penggunaan Aplikasi Rekan ini persoalan-persoalan tentang pupuk bisa diselesaikan dan menjaga akuntabilitas pupuk subsidi dan disisi lain penyaluran pupuk subsidi ini bisa memudahkan para petani untuk mengurus pupuk yang menjadi hak mereka. Sesuai dengan kebijakan Kementerian Pertanian dalam rangka penyaluran pupuk bersubsidi digunakan juga kartu tani dan dinilai banyak persoalan pada kartu tani ini sehingga diharapkan melalui Aplikasi Rekan ini permasalahan petani dapat diatasi," ucapnya.

Editor: Saifullah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x