Peringatan Pendudukan Yeruslaem Timur, PBB Peringatkan Meningkatnya Ketegangan Israel Palestina dan Palestina

- 16 Juni 2021, 07:45 WIB
Pawai Bendera Israel
Pawai Bendera Israel /Anadolu Agency

INDOBALINEWS -   Ancaman meningkatnya ketegangan baru antara pemukim Israel dan Palestina kembali diperingatkan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)  

Koordinator Khusus PBB untuk proses perdamaian timur tengah, Tor Wennesland memperingatkan, ketegangan antara kedua negara itu dikhawatirkan kembali bangkit, dan terancam akan menimbulkan babak baru pertikaian.

“Ketegangan timbul lagi di Yerusalem pada masa keamanan dan politik yang sangat rentan dan sensitif, ketika PBB dan Mesir secara aktif terlibat dalam memperkuat gencatan senjata,” tuturnya, dikutip Pikiran-Rakyat.com dari WAFA, Selasa, 15 Juni 2021.

Baca Juga: Bantah Contek Gaya Pakaian Nagita Slavina, Ayu Ting Ting Tegaskan Punya Stylist Kepercayaan

Aksi ‘pawai bendera’ yang akan diselenggarakan di kota tua Yerusalem yang diduduki itu merujuk pernyataan Tor Wennesland.

Pawai bendera itu dilakukan pemukim nasionalis Israel, dan telah disetujui oleh Pemerintah Israel yang baru.

Karena itu, Tor Wennesland mendesak semua pihak untuk bertindak dengan cara yang bertanggung jawab, dan menghindari kegiatan apa pun yang mungkin dianggap sebagai kegiatan provokatif.

Baca Juga: Giring Nidji: Pendidikan Itu Harus Gratis Jangan Dijadikan Kemewahan

“Saya mendorong semua pihak terkait untuk bertindak secara bertanggung jawab dan menghindari provokasi apa pun yang dapat mengarah ke konfrontasi lain,” tegas dia.

Pembentukan pemerintahan kolase kanan pusat yang baru di bawah kepemimpinan Naftali Bennett dan Yair Lapid ditentang Kelompok sayap kanan Israel.

Mereka melakukan aksi pawai bendera di sepanjang gerbang Damaskus, menuju ke kawasan muslimnya di sekitar kota tua bersejarah Yerusalem pada Selasa, 15 Juni 2021 waktu setempat.

Baca Juga: Soal Hasil TWK KPK, Giri Suprapdiono: Sandiwara Dipertontonkan di Depan Publik

Kemudian, pemerintahan baru Israel pun menyetujui gerakan kontroversial oleh nasionalis sayap kanan dan kelompok-kelompok pro-pemukim tersebut.

Perayaan hari jadi pendudukan Yerusalem Timur, dengan pawai bendera itu dinilai sebagai aksi provokatif oleh warga Palestina yang menganggap kota itu sebagai ibu kota agama dan politik mereka.***  (Eka Alisa Putri/pikiran-rakyat.com)

Disclaimer : Artikel ini telah tayang sebelumnya di pikiran-rakyat.com berjudul " Ada Pawai Bendera, PBB Peringatkan Bangkitnya Ketegangan Israel dan Palestina "

 

 

Editor: R. Aulia

Sumber: Pikiran-Rakyat.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x