Diplomatnya Dipukul Oknum Imigrasi, Nigeria Tarik Dubes untuk Indonesia

- 11 Agustus 2021, 22:08 WIB
Dituduh Melakukan Kekerasan Terhadap Diplomat Nigeria, Imigrasi Klarifikasi Justru Petugas yang Mengalami Pemukulan
Dituduh Melakukan Kekerasan Terhadap Diplomat Nigeria, Imigrasi Klarifikasi Justru Petugas yang Mengalami Pemukulan /Foto : Humas Imigrasi/

INDOBALINEWS - Nigeria menarik duta besarnya untuk Indonesia menyusul dugaan pemukulan yang dialami diplomat Nigeria oleh oknum Imigrasi Indonesia.

Menteri Luar Negeri Nigeria, Geoffrey Onyeama menyatakan penarikan dubes itu dalam konfresi persnya Selasa 10 Agustus 2021.

Kendati telah menerima permintaan maaf dari duta besar Indonesia di Nigeria, Onyeama mengatakan tetap akan menuntut sanksi berat terhadap pejabat imigrasi Indonesia tersebut.

Baca Juga: Baliho Tokoh Politik Marak, Fadli Zon: Menunjukkan Tidak Percaya Diri Hadapi Pilpres 2024

"Tidak ada pembenaran untuk perlakuan (pemukulan) terhadap seorang diplomat dan bahkan terhadap warga negara Nigeria," katanya, dilansir dari PMNewsnigeria.

Pihaknya mengambil langkah kuat untuk membela kepentingan Nigeria di mana pun di dunia.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM RI DKI Jakarta Ibnu Chuldun mengklarifikasi perihal video yang beredar viral di media sosial terkait kasus dugaan kekerasan dilakukan petugas Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan terhadap seorang diplomat warga Nigeria.

Baca Juga: Ajak Calon Istri Turun ke Jalan Protes Kebijakan PPKM, Lutfi Agizal: 'Semoga Pak Luhut Lihat'

Apa yang disampaikan dalam video tersebut tidak benar, justru diplomat asal Nigeria tersebut yang bertindak arogan dan lebih dahulu melakukan pemukulan terhadap petugas Imigrasi.

Kata dia, justru WNA asal Nigeria itu yang melakukan pemukulan terhadap petugas kami saat dalam perjalanan ke kantor imigrasi.

"Yang bersangkutan dibawa ke kantor karena bersikap tidak kooperatif dengan menghardik petugas yang melakukan pemeriksaan dokumen dan malah menantang untuk ditahan," katanya dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, yang dikutip Rabu 11 Agustus 2021.

Baca Juga: Belasan Warga Terjaring Pendisiplinan Pemantauan PPKM Level 4 di Denpasar

Akibat pemukulan tersebut, salah satu petugas imigrasi mengalami luka bengkak dan berdarah pada bagian bibir sebelah kiri.

Pihaknya dapat dapat membuktikan dari hasil visum yang dilakukan atas petugas Imigrasi.

"Jadi, yang terlihat di video itu justru petugas kami berusaha mencegah WNA asal Nigeria itu kembali melakukan kekerasan atau hal yang tidak diinginkan," tandas Chuldun.*** ( Mitha Paradilla Rayadi/Pikiran-rakyat.com)

Disclaimer: Artikel ini telah tayang sebelumnya di PIkiran-rakyat.com berjudul: Nigeria Tarik Duta Besarnya dari Indonesia, Buntut Dugaan Penganiayaan Diplomat

Editor: R. Aulia

Sumber: Pikiran-Rakyat.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x