Lithuania Serukan Buang Handphone China, Ini Alasannya

- 23 September 2021, 05:55 WIB
Ilustrasi HP Xiaomi Redmi.
Ilustrasi HP Xiaomi Redmi. /Xiaomi

INDOBALINEWS - Kementerian Pertahanan Lithuania menyerukan rakyat Lithuania untuk tidak membeli handphone China dan menyuruh membuang handphone China yang terlanjur mereka miliki.

Permintaan dari Kementerian Pertahanan ini keluar menyusul adanya laporan dari National Cyber Security Centre (NCSC) yang menyatakan handphone Xiaomi telah dibekali aplikasi sensor yang bisa mendeteksi hal khusus.

Menurut otoritas Lithuania aplikasi sensor ini akan mendeteksi setiap tulisan demonstration, free Tibet, long live Taiwan independence, dan churh.

Baca Juga: Jenis-Jenis Pelecehan Seksual yang Sering Terjadi di Medsos

Kementerian Pertahanan mengingatkan, walaupun aplikasi sensor ini telah dinonaktifkan pada handphone yang dijual di Uni Eropa, namun bisa dihidupkan dengan kendali jarak jauh.

"Rekomendasi kami jangan beli handphone China, singkirkan yang terlanjur dibeli segera," kata Menteri Deputi Pertahanan Lithuania Margiris Abukevicius kepada Reuters, dikutip dari Sky News Rabu 22 September 2021.

Baca Juga: 'Kuda Poni' Selebgram Bali, Pelaku Live Bugil di Medsos Mengaku Tak Terima BO dari Luar

Namun jubir Xiaomi membantahnya dan menyatakan bahwa handphone Xiaomi tidak ada menyensor komunikasi para penggunanya.

Xiaomi tidak pernah menghalangi atau membatasi masalah personal penggunanya seperti searching, web browsing, menelepon, ataupun menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Sky News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x