Menteri Luar Negeri Suriah: Turki Harus Segera Angkat Kaki dari Negaranya

- 23 September 2021, 08:17 WIB
Pasukan Turki di Suriah,
Pasukan Turki di Suriah, /Reuters/Rodi Said

INDOBALINEWS - Menteri Luar Negeri (Menlu) Suriah Faisal Mekdad meminta Turki untuk segera menarik pasukannya dari negaranya.

Menlu Suriah ini memandang kehadiran pasukan Turki di Suriah sebagai bentuk pelanggaran hak Suriah.

"Alasan utama untuk ini (eskalasi di wilayah Idlib) adalah pendudukan Turki dan dukungan Turki kepada kelompok teroris di sana," kata Mekdad kepada Sputnik, Rabu, 22 September 2021.

Baca Juga: Teror Bom Mobil di Suriah Merenggut Nyawa Mufti Agung Damaskus Adnan al-Afyouni

"Turki harus segera menarik diri dan komunitas internasional harus dukung upaya Suriah membebaskan daerah pendudukan di wilayah utara Suriah," katanya.

Mekdad menambahkan, eskalasi di Idlib terjadi akibat kehadiran Turki di wilayah tersebut dan mendukung kelompok perlawanan di sana.

Pernyataan Mekdad muncul karena Turki baru-baru ini menggelar pasukan tambahan di Suriah bagian utara menjelang diadakannya pertemuan antara Turki, Rusia, dan Iran dalam minggu mendatang.

Pasukan Turki di Suriah sempat non aktif selama setahun menyusul diberlakukannya gencatan senjata antara pasukan Turki dan pasukan Suriah hasil kesepakatan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Baca Juga: 3 Hari di Bawah Reruntuhan Gempa Turki, Bocah 3 Tahun Selamat

Halaman:

Editor: Riyanto

Sumber: Sputnik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x