Covid-19 Dilaporkan Telah Muncul di AS Sebelum Mewabah di Wuhan China

- 24 September 2021, 05:51 WIB
Covid-19 pertama kali muncul di timur laut AS antara April dan November 2019, jauh sebelum wabah merebak di Wuhan, China.
Covid-19 pertama kali muncul di timur laut AS antara April dan November 2019, jauh sebelum wabah merebak di Wuhan, China. /@fusion_medical_animation/Unsplash

INDOBALINEWS - Covid-19 pertama kali muncul di timur laut AS antara April dan November 2019, jauh sebelum wabah merebak di Wuhan, China.

Demikian pendapat ilmuwan China dengan menggunakan model matematika yang disampaikan dalam makalah yang diterbitkan Rabu di ChinaXiv, sebuah repositori yang dioperasikan oleh National Science Library of the Chinese Academy of Sciences.

“Hasil perhitungan menunjukkan bahwa epidemi Covid-19 di Amerika Serikat memiliki probabilitas tinggi untuk mulai menyebar sekitar September 2019,” bunyi makalah setebal 14 halaman itu.

Baca Juga: Dugaan 'Rampok' Uang APBDes, Mantan Kades Bonder Lombok Tengah Ditahan

Makalah ditulis oleh Zhouwang Yang, Yunhe Hu, dan Zhiwei Ding dari University of Science and Technology of China, dan koresponden Tiande Guo dari University of Chinese Academy of Sciences, dikutip dari RT, Kamis  23 September 2021.

Keempat ilmuwan menunjukkan bahwa untuk menyimpulkan waktu asal pandemi berdasarkan metode berbasis data dan model hybrid.

Secara resmi kasus pertama Covid-19 terdaftar di AS pada 20 Januari 2020, sekitar sebulan setelah wabah di Wuhan China.

Para peneliti berpendapat ada kemungkinan 50% dari kasus pertama di 11 negara bagian AS dan Distrik Columbia sebelum itu, paling awal pada April 2019 di Rhode Island dan paling akhir November tahun itu di Delaware.

Baca Juga: Sidak Rudenim Denpasar, Sterilkan Blok Hunian

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita

Sumber: RT


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x