Arab Saudi Buka Layanan Ibadah Haji Bagi 1 Juta Orang, Wajib Berusia di Bawah 65 Tahun dan Vaksin Lengkap

- 9 April 2022, 13:43 WIB
Pemerintah Pastikan Jamaah Indonesia Pergi Haji Tahun 2022 Ini
Pemerintah Pastikan Jamaah Indonesia Pergi Haji Tahun 2022 Ini /Instagram Kemenag RI

INDOBALINEWS - Setelah dua tahun menerapkan pembatasan ketat di masa pandemi covid 19, akhirnya tahun 2022 ini Pemerintah Arab Saudi membuka pelayanan ibadah haji bagi satu juta orang pada musim haji tahun 1443 Hijriah/2022 Masehi.

Pengumuman resmi ini dikeluarkan oleh Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi yang disiarkan oleh Kantor Berita Resmi Arab Saudi, Saudi Press Agency dikutip Reuters Sabtu 9 April 2022.

Dalam pengumuman itu juga disebutkan bahwa jamaah yang hendak menunaikan ibadah haji ke Mekkah tahun ini harus berusia di bawah 65 tahun dan sudah mendapat vaksinasi COVID-19 secara penuh.

Baca Juga: Berenang di Pantai Bersama Teman, Warga Ketewel Ditemukan Meninggal Terseret Arus

Namun begitu, Pemerintah Arab Saudi sampai sekarang belum menyampaikan informasi mengenai kuota jamaah haji untuk setiap negara, termasuk Indonesia.

Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F. Al-Rabiah mengatakan bahwa pengambilan keputusan mengenai kuota jamaah haji bagi setiap negara bukan hanya kewenangan Kementerian Haji dan Umrah, tetapi melibatkan instansi terkait lain di Kerajaan Arab Saudi.

"Jumlah kuota tidak akan sama seperti sebelum pandemi. Namun, Arab Saudi tahun ini siap menerima jamaah haji luar negeri dan persiapan terus dilakukan," kata dia dikutip Antara dari Reuters.

Baca Juga: Upacara Rahina Tumpek Landep di Polsek Kuta Utara

Jamaah dari luar negeri tahun ini diperbolehkan menunaikan ibadah haji dengan syarat telah mendapat vaksinasi penuh, menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR, dan menerapkan protokol pencegahan penularan COVID-19.

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x