Rockefeller Dorong Pembiayaan Katalis Untuk Pemulihan Global

- 6 September 2022, 17:48 WIB
T20 Indonesia Summit 2022 di Nusa Dua Bali, 6 September 2022.
T20 Indonesia Summit 2022 di Nusa Dua Bali, 6 September 2022. /Dok Full

INDOBALINEW - Rockefeller Foundation menyatakan komitmennya untuk membantu pembangunan di negara anggota G20.

Bantuan itu diberikan sebagai partisipasi sosial dalam membangun kembali ekonomi global yang inklusif pasca-pandemi COVID19,

Komitmen Rockefeller Foundation disampaikan di sela sela perhelatan T20 Indonesia Summit 2022 di Nusa Dua Bali, 6 September 2022.

Baca Juga: Program Pajale perlu Traktor

Melalui kerjasama dengan GSIC (The Global South Impact Community) dan IVPC ( International Venture Philanthropy Center), Rockefeller Foundation memberikan bantuan dalam bentuk  catalytic finance, yang merupakan salah satu bentuk  pembiayaan independen yang tidak berasal dari dana sektor swasta dan pemerintah.

Pembiayaan Catalytic merupakan pembiayaan yang diberikan oleh lembaga atau yayasan dalam kerangka filantropi.

Think20 Lead Co-Chair, Bambang Brodjonegoro mengatakan, pembiayaan Catalytic merupakan salah satu alternatif pembiayaan yang bisa didapat suatu negara.

Baca Juga: Demo Buruh Berlangsung di 20 Provinsi, Bali Masih Kondusif

"Jika dalam pemulihan ekonomi mengalami kesulitan dana dari pemerintah maupun sektor swasta. Dana yang dikumpulkan oleh lembaga sosial dalam bentuk Philanthropy bisa digunakan sebagai pembiayaan pembangunan. Seperti pembiayaan dalam transisi energi dan dampak dari perubahan iklim," ujar Bambang.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x