Sekjen PBB Sebut Presidensi G20 Indonesia Satukan Para Pihak Berdialog dan Dorong Solusi

- 15 November 2022, 05:57 WIB
Sekjen PBB Antonio Guterres.
Sekjen PBB Antonio Guterres. /REUTERS/Lisa Leutner

INDOBALINEWS.COM – Indonesia membuktikan penyelenggaraan KTT G20 di Bali yang bertepatan dengan kondisi dunia yang sedang tidak baik-baik saja dapat berjalan dengan baik.

Terbukti dari 20 kepesertaan negara G20, 17  kepala negara telah berada di Bali yang menunjukkan tingkat kehadiran cukup tinggi dalam KTT G20 yang akan berlangsung Selasa 15 November 2022 ini dan besok Rabu 16 November 2022.

Selain itu, sejumlah pertemuan bilateral pemimpin negara mewarnai menjelang KTT G20, di antaranya Presiden AS Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping.

Baca Juga: Jelang KTT G20 di Bali Joe Biden Bertemu Xi Jinping, Ingin Kerja Sama Atasi Permasalahan Global

Tak kurang, Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) mengapresiasi Presidensi G20 Indonesia yang berlangsung dalam kondisi yang cukup rumit melanda dunia belakangan ini.

"Indonesia mendemonstrasikan kemampuan besar untuk menyatukan para pihak untuk berdialog dan mendorong solusi," kata Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres, saat jumpa pers menjelang KTT G20, di Nusa Dua, Bali.

Guterres pada konferensi pers membahas keketuaan Indonesia untuk Asean tahun depan yang diharapkan bisa memberikan solusi atas krisis di Myanmar.

Baca Juga: Jelang Puncak KTT G20: Basarnas Pastikan Kesiapsiagaan Personel dan Peralatan

Intervensi Guterres pada KTT G20 di Bali akan fokus pada pembahasan iklim, krisis pangan, energi, dan transformasi digital. "Pesan saya tentang pangan adalah kita perlu bertindak untuk mencegah kelaparan," kata dia.

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita

Sumber: Antaranews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x