Bantuan untuk Turkiye Operasi Kemanusiaan Terbesar Indonesia ke Luar Negeri

- 25 Februari 2023, 18:04 WIB
Bantuan kemanusiaan dari Pemerintah Republik Indonesia untuk korban gempa Turki tiba di Bandar Udara Adana Şakirpaşa, Turki, pada Rabu, 22 Februari 2023, tepat pukul 00.00 waktu setempat.
Bantuan kemanusiaan dari Pemerintah Republik Indonesia untuk korban gempa Turki tiba di Bandar Udara Adana Şakirpaşa, Turki, pada Rabu, 22 Februari 2023, tepat pukul 00.00 waktu setempat. / Foto: BPMI Setpres./

INDOBALINEWS – Bantuan kemanusiaan untuk penanganan bencana gempa Turkiye merupakan operasi terbesar yang pernah dilakukan Pemerintah Indonesia dalam dukungan kemanusiaan internasional.

Hal tersebut disampaikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan dan Kemanusiaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy saat meninjau tim medis di Kota Hassa, Provinsi Hatay.

Muhadjir mengatakan, misi kemanusiaan untuk Turki ini adalah misi terbesar yang dilakukan Pemerintah Indonesia untuk membantu negara sahabat yang selama ini pernah dilakukan oleh Pemerintah Indonesia.

Baca Juga: Persebaya Surabaya Dihantui Petaka Gol Bunuh Diri Dua Laga Beruntun, Ini Kata Aji Santoso

Bantuan tersebut berupa personel untuk upaya pencarian dan pertolongan serta medis, bahan makanan dan non-makanan maupun transportasi udara. 

“Dengan melibatkan lebih dari 250 personel, 5 pesawat kemanusiaan, dan ada 110 ton kargo, 50 kontener makanan siap saji, 1 rumah sakit lapangan dan 2 dapur umum yang melayani 24 jam sampai dengan saat ini,” ujar Muhadjir yang hadir bersama Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto. 

Baca Juga: AHY Payungi Surya Paloh, Begini Respon Waketum Demokrat Bali

Muhadjir menyampaikan, bantuan tersebut merupakan perhatian besar Indonesia kepada masyarakat dan Pemerintah Turkiye.

Ia berharap dukungan dari Indonesia ini dapat mengurangi penderitaan dan kepedihan warga Turkiye yang terdampak bencana gempa M7,8. 

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x