Plakat Lambang Transisi Demokrasi Lenyap, Rakyat Protes Besar-besaran di Bangkok

- 20 September 2020, 18:52 WIB
Pemimpin mahasiswa pro-demokrasi memasang plakat bertuliskan "Negara ini milik rakyat" di lapangan Sanam Luang dalam aksi protes di Bangkok, Thailand, Minggu, 20 September 2020.
Pemimpin mahasiswa pro-demokrasi memasang plakat bertuliskan "Negara ini milik rakyat" di lapangan Sanam Luang dalam aksi protes di Bangkok, Thailand, Minggu, 20 September 2020. /Sakchai Lalit/AP

INDOBALINEWSPlakat asli yang melambangkan transisi negara menuju demokrasi secara misterius robek dan dicuri tiga tahun lalu, saat mereka bersumpah untuk melanjutkan panggilan untuk pemilihan baru dan reformasi monarki.

Pada April 2017, plakat asli lenyap dari Royal Plaza Bangkok dan diganti dengan plakat yang memuji monarki.

Sekelompok aktivis mengebor lubang di depan panggung darurat di Sanam Luang dan meletakkan plakat pengganti terbuat dari kuningan bundar, untuk memperingati revolusi tahun 1932 yang mengubah Thailand dari monarki absolut menjadi monarki konstitusional.

Baca Juga: Bangkok Bergolak, PM Prayuth Chan-ocha Di Demo Ribuan Orang Berkaos Merah

“Saat fajar 20 September, di sinilah orang-orang menyatakan bahwa negara ini adalah milik rakyat,” baca bagian dari prasasti di plakat pengganti tersebut.

Unjuk rasa yang dipimpin mahasiswa yang dimulai Sabtu adalah yang terbesar dari serangkaian protes tahun ini, dengan ribuan orang berkemah semalam di lapangan Sanam Luang dekat istana kerajaan. 

Pada hari Minggu, mereka mulai berbaris ke lokasi yang dirahasiakan, mengatakan ingin menyerahkan petisi kepada penasihat raja.

Baca Juga: Racun Ricin Terdeteksi Dalam Amplop Yang di Tujukan Ke Donald Trump

Aktivis lainnya, Panusaya Sithijirawattanakul, mengatakan tuntutan mereka tidak mengusulkan penghapusan monarki. "Mereka adalah proposal dengan niat baik untuk membuat institusi monarki tetap anggun di atas rakyat di bawah pemerintahan demokratis."

Halaman:

Editor: Rudolf

Sumber: AP


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x