Ketika Tilem Berbarengan Kajeng Kliwon, Ini Makna dan Kesakaralan bagi Umat Hindu

- 5 September 2021, 06:32 WIB
Hari Tilem berbarengan Kajeng Kliwon jatuh pada Senin 6 September 2021.
Hari Tilem berbarengan Kajeng Kliwon jatuh pada Senin 6 September 2021. /Instagram @filsafat_hindu

INDOBALINEWS - Umat Hindu tidak asing lagi dengan kesakralan dua hari suci yakni Purnama dan Tilem, terlebih lagi saat datangnya bersamaan dengan Kajeng Kliwon.

Berdasarkan pawukon kalender Bali, pada Senin, 6 September 2021 besok, Tilem Sasih Katiga berbarengan dengan Kajeng Kliwon Nyitan.

Ketua Parisadha Hindu Dharma Indonesia Kabupaten Badung Dr. Drs. Gede Rudia Adiputra, M.Ag.  mengatakan Kajeng Kliwon yang jatuh pada saat Purnama dan Tilem maka ada dua macam yakni Kajeng Kliwon Nyitan dan Kajeng Kliwon Wudan.

Baca Juga: Rahina Tilem Berikan Vibrasi Positif untuk Manusia dan Alam Semesta, Ini yang Dilakukan Umat Hindu

Kajeng Kliwon Nyitan adalah Kajeng Kliwon yang terjadi pada masa penanggal (hari-hari setelah bulan mati menuju bulan purnama).

Sedangkan Kajeng Kliwon Wudan adalah Kajeng Kliwon terjadi pada masa hari-hari setelah Purnama menuju Tilem berikutnya.

“Adapun yang patut dipuja pada hari Kajeng Kliwon adalah dewata dari hari wawaran bersangkutan, seperti dewatanya hari Kajeng adalah Sanghyang Manacika atau Dewa Mahadewa yang berstana di arah barat, sedangkan dewata hari Kliwon adalah Sanghyang Garga atau Dewa Shiwa,” katanya kepada Indobalinews pada Sabtu, 4 September 2021 malam.

Sebagai perhitungan hari baik dalam hubungan upacara Panca Yadnya dinyatakan bahwa hari Kajeng Kliwon adalah hari yang baik untuk pemujaan kepada Tuhan Yang Mahaesa untuk memohon keselamatan seluruh makhluk hidup termasuk flora dan fauna dan palemahan (lingkungan) termasuk para Bhuta.

Baca Juga: Ramalan Zodiak 5 September 2021: Prediksi Kesehatan, Suasana Hati, dan Aktivitas Lain 

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x