Upacara Pemelaspas di Pura Samuan Tangguntiti Kesiman Dihadiri Jaya Negara

- 5 Oktober 2022, 19:22 WIB
Upacara Pemelaspas di Pura Samuan Tangguntiti Kesiman Dihadiri Jaya Negara Rabu 5 Oktober 2022.
Upacara Pemelaspas di Pura Samuan Tangguntiti Kesiman Dihadiri Jaya Negara Rabu 5 Oktober 2022. /Dok Humas Pemkot Denpasar


INDOBALINEWS - Bertepatan Rahina Buda Wage Kelawu (Piodalan Ida Betara Rambut Sedana), warga Banjar Tangguntiti Kesiman melaksanakan upacara Melaspas, Mupuk Pedagingan, Ngenteg Linggih Dan Mecaru Rsi Gana Padususan Alit di Pura Samuan Tangguntiti Kesiman, Rabu 5 Oktober 2022.

Upacara ini dihadiri Walikota Denpasar, IGN. Jaya Negara yang pada kesempatan tersebut juga melaksanakan penandatangan Prasasti dan sekaligus ngaturang punia.

Tampak hadir juga dalam kesempatan ini Anggota DPRD Kota Denpasar, Wayan Warka, Kabag Kesra Setda Kota Denpasar, IB. Alit Surya Antara, Camat Denpasar Timur, I Made Tirana beserta tokoh masyarakat setempat.

Baca Juga: Lesti Kejora Masih Pemulihan, Polisi Panggil Rizky Billar Kamis 6 Oktober 2022

Walikota Jaya Negara usai ngaturang punia mengatakan, pelaksanaan upacara keagamaan di Pura Samuan Banjar Tangguntiti Kesiman ini adalah salah satu bentuk yadnya dalam meningkatkan sradha bhakti umat Hindu kepada Ida Sang Hyang Widi Wasa. 

“Apalagi di komunitas masyarakat seperti banjar, perlu diapresiasi  bagaimana membangun sradha bhakti masyarakat melalui upakara yang dilaksanakan. Kemandirian masyarakat dalam melaksanakan Yadnya Suci memunculkan kesadaran yang sangat tinggi, sehingga manfaat yang kita peroleh dalam penyelenggaraan upacara keagamaan yang dikenal dengan istilah Tri Guna Karya serta Satwika Karya dapat kita peroleh dengan baik,” kata Jaya Negara.

Baca Juga: Kampus UMKM Shopee Ekspor Bali Buka Peluang Ekraf dan UMKM Bangkit dan Jangkau Pasar Dunia

Walikota Jaya Negara juga mengharapkan setelah dilaksanakannya Upacara Ngenteg Linggih, Caru Rsi Gana Dan Piodalan Betara Ida Ratu Gede Mas Mecaling di Pura Samuan Banjar Tangguntiti Kesiman ini seluruh umat terutama penyungsung dan pengempon dapat terus meningkatkatkan rasa persaudaraan dan persatuan antara sesama umat.

“Tentu pelaksanaan Yadnya ini sebagai sarana peningkatan nilai spiritual sebagai umat beragama. Kami berharap ke depan upacara Yadnya ini dapat memberikan energi positif yang dapat memancarkan hal positif bagi umat serta menetralisir hal- hal negatif dilingkungan desa setempat,” katanya.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x