Resep Membuat Jaja Sate, Enak dan Mudah Dibuat

- 24 September 2020, 07:44 WIB
Jaja Sate/dok. Gek Ratih/
Jaja Sate/dok. Gek Ratih/ /

INDOBALINEWS – Mungkin tidak banyak yang mengetahui kuliner yang satu ini. Jaja Sate, ya! Jajanan yang satu ini memang populer era ’90.

Bentuknya seperti sate pada umumnya namun dagingnya diganti dengan olahan tepung dengan aneka warna.

Baca Juga: Resep Membuat Donat Bombolani

Namun sayang, kuliner yang satu ini hampir terlupakan. Nah ternyata kuliner yang satu ini tampaknya tidak sepenuhnya punah, adalah Gex Ratih seorang ibu rumah tangga yang tinggal di Tabanan membagi resep kuliner ini.

Yuk, langsung praktikan cara membuat Jaja Sate ala Gex Ratih.

Baca Juga: Tips Mengolah Daging Agar Empuk

Berikut resep membuat jaja sate:

  • Singkong
  • Kelapa parut
  • Gula
  • Garam
  • Tusuk sate
  • Pewarna makanan

Cara pembuatan

  1. Singkong disiapkan sesuai kebutuhan dan kemudian dikupas, dan dicuci hingga bersih. Singkong yang sudah selesai dicuci kemudian di parut.
  2. Setelah selesai diparut, masukan garam secukupnya dan aduk hingga sampai rata, setelah itu bagi adonan menjadi tiga bagian. Masukan pewarna makanan di masing-masing adonan dengan warna berbeda sesuai selera lalu aduk satu-persatu hingga rata.
  3. Gulung adonan sesuai ukuran yang diinginkan, jangan lupa panaskan panci berisi air, setelah selesai menggulung adonan, kemudian kukus sekitar 30 menit.
  4. Sambil menunggu matang, siapkan kelapa tua sesuai kebutuhan lalu dikupas lalu dicuci bersih. Setelah itu parut kelapa. Campurkan gula pasir dan garam ke paruan kelapa tadi sesuai kebutuhan.
  5. Setelah adonan yang dikukus tadi matang, tusuk menyerupai sate dan warnanya bisa dicampur untuk memberikan kesan menarik dan bisa juga dengan warna serupa.
  6. Setelah semua di tusuk kemudian sajikan di atas piring dan taburi parutan kelapa tadi. Jaja sate siap di hidangkan.

Catatan. Jajanan yang satu ini salah satu cemilan yang sangat aman untuk dikonsumsi oleh anak-anak. Selamat mencoba. (***)

Editor: Gede Apgandhi Pranata


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x