Memanfaatkan Media Sosial untuk Promosi Kuliner Nusantara

- 1 Juli 2021, 07:32 WIB
ilustrasi kuliner labuan bajo
ilustrasi kuliner labuan bajo /Dok Kemenparekraf

 

INDOBALINEWS - Teknologi digital dapat dimanfaatkan sebagai pengenalan budaya ke jangkauan yang lebih luas hingga seluruh penjuru dunia. Menggunakan literasi digital, informasi mengenai suatu budaya dapat disebarkan di platform digital.

Bernadus Dian Adi mencoba mengenalkan budaya dan kuliner memanfaatkan literasi digital. Peluang mengenalkan budaya dan kuliner melalui platform digital sangat besar, karena Indonesia memiliki keragaman jenis masakan dan makanan.

“Cara membangun literasi digital melalui story telling. Menurut saya, story telling cara paling mudah untuk membangun kapabilitas dalam literasi digital. Misalnya, dapat menceritakan kuliner yang paling dekat dengan kehidupan sehari-hari, seperti teh. Teh dari berbagai daerah di Indonesia pasti rasanya berbeda satu sama lain,” ujar Bernadus Dian Adi, dalam Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021, di wilayah Kota Denpasar, Bali, Jumat 25 Juni 2021.

Baca Juga: Breaking News: KMP Yunice Tenggelam di Perairan Gilimanuk Bali

Selanjutnya, dapat diceritakan juga bagaimana cara mengolah. Sejarah dari makanan tersebut juga dapat menjadi literasi digital yang memperkenalkan budaya.

Tentukan platform digital yang kalian kenal dan kuasai. Lalu, menulis konten pada media tersebut dengan konsisten.

“Misalnya di Instagram banyak penggunanya terus circlenya banyak aktif di sini. Aku juga harus aktif di Instagra. Tidak harus seperti itu. Kalau pun memang aktifnya di platform lain, tidak apa-apa. Paling penting adalah konsistensi untuk memproduksi konten.”

Baca Juga: Waspada, Berikut Jenis Penipuan yang Sering Terjadi di Ruang Digital

Bernadus Dian Adi memaparkan beberapa platform untuk mengunggah konten digital. Di antaranya, blog dan media sosial (fitur stories).

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x