Perlukah Mengubah Kurikulum Pendidikan di Era Digital?

- 30 Oktober 2021, 12:27 WIB
Ilustrasi pendidikan.
Ilustrasi pendidikan. /Pixabay.com/Geralt

INDOBALINEWS - Era digital membuat sejumlah tantangan bagi dunia pendidikan dalam mendesain kurikulum berbasis digital. Sebab penggunaan teknologi dan data digital dalam pendidikan diharapkan meningkatkan proses dan capaian pembelajaran.

Menurut Dr. Lalu Ari Irawan, SE, M.Pd, Dosen Magister Program Pendidikan Bahasa Inggris Undikma dalam Webinar Literasi Digital wilayah Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Jumat 29 Oktober 2021, capaian belajar itu melalui budaya digital oleh seluruh pihak yang terlibat dalam usaha usaha pendidikan.

“Inilah yang disebut keterkaitan antara pendidikan dan digitalisasi. Untuk mewujudkannya dibutuhkan data digital yang menjadi sumber utama implementasinya,” ujar Lalu Ari dalam webinar yang dipandu oleh Eddie Bingky ini.

Baca Juga: Heather yang Bunuh dan Masukkan Ibu Kandung Dalam Koper, Bebas dari Lapas Kerobokan

Lebih lanjut kata Ari, pertanyaannya yang timbul saat ini adakah kebutuhan melakukan pengubahan kurikulum dalam era digital?

Sebab kurikulum dikembangkan melalui keputusan politik yang mempertimbangkan kondisi dan dinamika yang berkembang di tengah masyarakat. Selain itu pertimbangan lain adalah arah gerak di tingkat global serta realitas perubahan dunia secara fisik.

Baca Juga: Perempuan Muda di Denpasar Nekat Gantung Diri, Sempat Mengeluh Sering Sakit Perut dan Kepala 

“Secara naluriah perkembangan teknologi kemudian diserap ke dalam praktik praktik pendidikan. Dan teknologi digital dan informasi menggeser paradigma berpikir dan mengubah cara memandang berbagai persoalan yang ada,” bebernya.

Pendidikan tidak diberikan pilihan melainkan dipaksa melakukan adaptasi cepat. Saat ini metode menghafal itu sekarang mau ditinggalkan karena untuk apa menghafal kalau Google selalu ada buat kita dan anak-anak juga kerap memakai google.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x