Sebentar Lagi Tahun Baru Imlek, Ini Hidangan yang Diyakini Membawa Keberuntungan

- 28 Januari 2022, 10:41 WIB
Pengunjung melintas di antara dekorasi lampion di pusat perbelanjaan Mal Taman Anggrek, Jakarta, Kamis, 27 Januari 2022).
Pengunjung melintas di antara dekorasi lampion di pusat perbelanjaan Mal Taman Anggrek, Jakarta, Kamis, 27 Januari 2022). / ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

INDOBALINEWS – Tahun Baru Imlek yang akan jatuh ada Selasa 1 Februari 2022, sebagaimana hari besar lainnya, bakal diwarnai dengan hidangan aneka kuliner dengan menu khas.

Untuk menyambut Tahun Baru Imlek, ada menu khusus yang diyakini membawa kekayaan, kebahagiaan, keberuntungan, kemakmuran, dan keberuntungan, walaupun mungkin tampak seperti tugas yang berat.

"Unggas harus dipotong, teripang, rebung, dan masih banyak lagi bahan-bahannya, harus dibersihkan, direbus, dan direbus kembali – prosesnya bisa memakan waktu beberapa hari," ungkap penulis S.C. Moey dalam Chinese Feasts & Festivals – A Cookbook (2006), seperti dikutip dari South China Morning Post, Jumat 28 Januari 2022.

Baca Juga: Indonesia vs Timor Leste 4-1, Shin Tae Yong: Masuknya Ronaldo dan Marselino Tingkatkan Performa Timnas

Ketika merayakan Imlek, umumnya hidangan yang tersaji ada ayam rumahan, kaki babi rebus, daging cincang dan sayuran dalam balutan daun selada, bebek asap teh, babi panggang dan sagu mutiara dengan melon.

Di samping itu, ada sejumlah hidangan simbolis yang selalu menghiasi meja makan selama perayaan yang diyakini membawa kekayaan, keberuntungan atau kebersamaan keluarga, salah satunya bakmi.

Seperti dikutip dari laman Food Network, meskipun mi termasuk makanan pokok masyarakat China sehari-hari, selama tahun baru dan perayaan lain seperti ulang tahun, bakmi umur panjang, harus ada di meja makan.

Bakmi biasanya dibiarkan tanpa dipotong dan dimaksudkan untuk dihirup sekaligus, bukan dipotong.

Baca Juga: Soal Pro dan Kontra Ibu Kota Negara Baru, Ini Komentar Jusuf Kalla

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita

Sumber: Antaranews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x