Maksimalkan Kelola Sampah dari Sumbernya, Bank Sampah Pertama di Padang Sambian Diresmikan

- 18 April 2022, 15:19 WIB
Peluncuran Bank Sampah Anak Mas, Banjar Merta Buana, Kelurahan Padangsamabian, Denpasar Minggu 17 April 2022.
Peluncuran Bank Sampah Anak Mas, Banjar Merta Buana, Kelurahan Padangsamabian, Denpasar Minggu 17 April 2022. /Dok Humas Pemkot Denpasar Bali

INDOBALINEWS -  Peluncuran Bank Sampah Anak Mas, Banjar Merta Buana, Kelurahan Padangsamabian dilaksanakan secara resmi setelah beroperasi sejak 20 Maret 2022 lalu.

Peluncuran dilakukan oleh Lurah Padangsambian Ketut Alit Artika yang dihadiri Bendesa setempat, pengurus Bupda Desa Adat Padangsambian.

Kaling Banjar Merta Buana, Ni Nyoman Darmi menjelaskan bahwa peluncuran Bank Sampah Anak Mas di Banjar Merta Buana, Kelurahan Padangsambian ini merupakan upaya memaksimalkan pengelolaan sampah berbasis sumber di wilayahnya.

Baca Juga: Sah! Impian Pesta Pernikahan Ideal Hancur Akibat Narkoba, Akhirnya Menikah di Kantor Polisi

"Bank Sampah kami ini sudah beroperasi sejak 20 Maret 2022 lalu dan hari ini diluncurkan secara resmi. Jumlah warga yang terdaftar sebagai anggota sampai saat ini sebanyak 119 nasabah. Sementara petugas bank sampah terdiri dari 10 orang yang terdiri dari petugas pemilah, petugas penimbang dan petugas pembukaan," katanya seperti dikutip Senin 18 April 2022.

Ditambahkannya, anggota Bank Sampah Anak Mas ini diwajibkan memilah sampah mulai di rumah tangga nya masing- masing untuk kemudian dikumpulkan setiap dua kali sebulan di hari minggu pagi. Sampah ditimbang dengan harga sudah ditentukan sesuai jenis sampah perkilogram nya.

Baca Juga: Police Goes To School Polsek Petang Ingatkan Remaja Hati Hati Pakai Medsos

"Sampah kemudian diteruskan ke Pengepul dari " Bali Bersih" dimana hasil penjualan sampah ditabung ke LPD Desa Adat Padangsambian, sehingga dapat membantu perekonomian masyarakat," ujarnya.

Keberadaan Bank Sampah ini dharapkan dapat menyadarkan masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan , serta lebih dahulu memilah sampah antara sampah organik dan sampah an organik untuk mengurangi sampah yang menuju ke TPS maupun TPA.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x